Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar

Surat lamaran kerja adalah surat permohonan yang dibuat oleh pencari kerja (pelamar Pekerjaan), untuk dikirimkan kepada suatu badan usaha atau instansi guna mendapatkan pekerjaan atau jabatan yang sesuai dengan lowongan pekerjaan yang ditawarkan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membuat surat lamaran kerja, silahkan pahami dari hal-hal yang berikut ini :

BAHASA SURAT LAMARAN KERJA

Dalam menulis surat lamaran kerja harus, harus menggunakan bahasa yang sopan, jelas dan tidak bertele-tele. Lamaran yang terlalu panjang hingga menghabiskan satu halaman folio lebih, akan membuat orang jenuh membacanya, bahkan mungkin tidak akan dibaca sama sekali. Satu halaman folio adalah ukuran yang normal. Tetapi bila ada keterangan yang dianggap perlu diajukan, sebaiknya diletakkan sebagai lampiran. Hal yang terpenting dalam menulis surat lamaran adalah menyampaikan keinginan untuk melamar pekerjaan dengan syarat-syarat yang dipenuhi.

ISI SURAT LAMARAN KERJA

Berikut adalah isi surat lamaran kerja yang ideal.

  1. Data Pribadi Pelamar
  2. Pendidikan / Ijazah yang Dimiliki
  3. Pengalaman Kerja
  4. Kegemaran dan Hobi 

INFORMASI LOWONGAN KERJA

Sebaiknya pelamar juga menyebutkan dari media massa mana ia memperoleh informasi tentang lowongan kerja tersebut, misalnya:
  • Berdasarkan pemberitahuan iklan pada harian atau koran
  • Berdasarkan siaran radio dan televisi
  • Berdasarkan informasi dari orang lain, kenalan, atau koneksi.
  • Berdasarkan inisiatif sendiri
  • Bersumber dari kantor penempatan tenaga kerja
  • Bersumber dari tempat kursus, sekretariat akademi, lembaga manajemen
  • Berdasarkan pengumuman, baik dari koran, maupun yang digantung di muka toko atau kantor itu sendiri 

MODEL SURAT LAMARAN KERJA

Model surat harus disesuaikan dengan kantor atau perusahaan yang dilamar. Hal ini sangat penting karena model surat yang benar dapat mempengaruhi kemungkinan diterima atau tidaknya si pelamar.

Surat lamaran kerja yang ditujukan pada kantor -kantor pemerintah sebaiknya menggunakan model resmi atau official style. Untuk kata ganti diri sendiri, sebaiknya menggunakan kata "Saya". Adapun surat lamaran kerja yang ditujukan untuk perusahaan-perusahaan swasta nasional sebaiknya menggunakan block style.  Untuk kata ganti orang yang dituju dalam perusahaan yang dilamar, sebaiknya menggunakan kata ganti "Bapak".

Dibawah ini telah kami berikan Contoh Surat Lamaran Kerja secara lengkap yang baik dan benar terdiri dari bahasa indonesia dan bahasa inggris. Bagi anda yang mungkin masih bingung bagaimana cara membuat surat lamaran kerja, kali ini admin hadirkan 3 contoh yang mungkin bisa membantu anda dalam melamar pekerjaan. Pada umumnya hampir ke seluruhan perusahaan membutuhkan sebuah surat lamaran hanya dengan menggunakan bahasa indonesia secara baik dan benar saja, namun tidak jarang juga ada perusahaan yang membutuhkan pelamaran kerja dengan menggunakan bahasa inggris.

Surat lamaran kerja juga termasuk dalam jenis kategori surat resmi atau dinas, maka dari itu ada beberapa aturan penulisan yang harus dipenuhi dan bagian-bagian surat yang harus ada.

Umumnya bagian-bagian surat lamaran pekerjaan ini adalah sebagai berikut :
  1. Tempat dan tanggal pembuatan surat
  2. Nomor surat
  3. Lampiran
  4. Hal atau perihal
  5. Alamat tujuan
  6. Salam pembuka
Isi surat sendiri kembali dibagi menjadi tiga bagian, yaitu :
  1. paragraf pembuka
  2. isi surat
  3. paragraf penutup
  4. Salam penutup
  5. Tanda tangan dan nama terang
Dalam membuat surat lamaran kerja baiknya anda menyertakan data yang lengkap, jelas, dan mudah dipahami. Hal semacam ini akan memudahkan pihak perusahaan atau instansi tempat anda melamar pekerjaan untuk memahami isi surat anda.

Berikut ini sebuah Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Karyawan :

Kepada Yth :
Bapak / Ibu Pimpinan 
PT. Maju Sejahtera

Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang saya peroleh bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini memerlukan pegawai sebagai Karyawan. Oleh karena itu saya mengajukan permohonan untuk mengisi posisi tersebut.

Saya lulusan D3, belum menikah, jujur, disiplin, berpenampilan menarik, bertanggung jawab, serta dapat bekerja sama dalam tim maupun individual.

Sebagai bahan pertimbangan bagi Bapak/ Ibu bersama ini turut saya lampirkan :
  1. Foto Copy Ijazah Terakhir  1 Lembar
  2. Pas Photo 4 x 6                  1 Lembar
  3. Foto Copy KTP                 1 Lembar
  4. Daftar Riwayat Hidup         1 Lembar
Demikianlah surat permohonan kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya, besar harapan saya sudilah kiranya Bapak/Ibu dapat menerima saya bekerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian Bapak/Ibu sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih. 

                    Hormat Saya,
Pandu Widodo

Berikut ini adalah Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Indonesia yang bisa anda simak sebagai berikut :

Jakarta, 15 Mei 2017

Hal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth, Manajer PT. Sumber Alam Makmur
Jl. Apa saja No. 05
Jakarta Utara

Dengan Hormat,
Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari PT. Sumber Alam Makmur seperti yang termuat di Jakarta Post tanggal 12 Mei 2017. Saya mengajukan diri untuk menjadi Financing Manager di PT. Sumber Alam Makmur. Berikut data singkat saya :

Nama  : …………………………………..
Tempat dan Tanggal Lahir  : …………………………………..
Pendidikan Terakhir  : …………………………………..
Alamat  : …………………………………..
HP, E-mail  : …………………………………..
Status Perkawinan  : …………………………………..

Saya memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, dan dapat berbahasa inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta memiliki kemampuan manajemen dan marketing yang baik. Saya telah terbiasa menggunakan computer, terutama mengoperasikan paket aplikasi Ms.Office, seperti Excel, Word, Acces, PowerPoint, Outlook, juga internet, maupun surat menyurat dalam Bahasa Inggris. Saya senang untuk belajar dan dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim. Sebagai bahan pertimbangan, turut saya lampirkan sebagai berikut :

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Foto copy ijazah S-1 dan transkip nilai
  3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan
  4. Pas foto terbaru
Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan ksempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya. Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat Saya,
Hartati Pancani, S.Kom

Bagi anda yang hendak melakukan pelamaran kerja baik itu terhadap suatu pabrik, perusahaan, atau ke mana saja yang di haruskan menggunakan surat lamaran dengan bahasa inggris namun anda tidak begitu memahami dengan cara pembuatannya maka silahkan anda lihat contoh surat di bawah ini untuk di jadikan sebagai bahan referensi anda.

Dan berikut ini adalah Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris :

Jakarta, May 15th 2017

Attention To: Human Resources Department
PT. Jakarta Realty
Jl. Gatot Subroto No. 50A
South Jakarta, Indonesia 12970

Dear Sir/Madam,
I have read from your advertisement at Kompas that your company is looking for employees to hold some position. Based on the advertisement, I am interested in applying application for Engineer position according with my background educational as Engineering Physics.

My name is Indra Dijaya, I am twenty three years old. I have graduated from Engineering Physics Department ISTN on May 2017. My specialization in Engineering Physics is Instrumentation and Control specialist. I consider myself that I have qualifications as you want. I have good motivation for progress and growing, eager to learn, and can work with a team (team work) or by myself. Beside that I posses adequate computer skill and have good command in English (spoken and written).

With my qualifications, I confident that I will be able to contribute effectively to your company. Herewith I enclose my :

1. Copy of Bachelor Degree (S-1) Certificate and Academic Transcript.
2. Curriculum Vitae.
3. Copy of Job Training Certificate from Unocal Indonesia Company.
4. Recent photograph with size of 4x6

I would express my gratitude for your attention and I hope I could follow your recruitment test luckily.

Sincerely,

Indra Dijaya

Berikut ada 5 Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang perlu anda perhatikan. Banyak perusahaan yang memandang surat lamaran atau cover letter sebagai bagian terpenting dari seluruh dokumen lamaran Anda. Karena itu penting sekali bagi Anda untuk menuliskan surat lamaran yang baik. Berbagai tips di bawah akan membantu Anda.

1. Kesan Individual
Jika Anda berencana mengirimkan lamaran ke berbagai perusahaan pastikan Anda menuliskan nama perusahaan yang benar pada surat lamaran Anda. Selain itu perlu juga Anda membuat surat lamaran yang ditujukan pada seseorang. Gunakan nama dan jabatan yang spesifik jika mungkin. Secara khusus, untuk surat yang ditujukan pada seorang perempuan, jika Anda tidak mengetahui status pernikahannya, gunakan awalan Ms. Contoh: Ms. Suryanegara.

Ingat: Di Internet dan di MS Word tersedia banyak template atau contoh surat lamaran. Jangan hanya mengkopi contoh-contoh tersebut. Ubahlah sesuai dengan keperluan Anda.

2. Singkat dan Padat
Jangan bertele-tele. Tuliskan surat Anda dengan singkat dan padat. Gunakan bahasa yang mudah. Gunakan kata-kata yang biasa digunakan. Tidak perlu berusaha untuk mengesankan pembaca Anda dengan menggunakan kata-kata yang sulit.

Ingat: Jangan menulis surat lamaran Anda lebih dari satu halaman. Perusahaan mungkin menerima belasan bahkan ratusan surat lamaran. Surat lamaran yang terlalu panjang tidak efektif.

3. Rapi dan Bersih
Sedapat-dapatnya gunakan program komputer untuk menuliskan surat lamaran Anda. Dengan begitu Anda dapat menuliskan surat lamaran yang rapi dan bersih sehingga mudah dibaca.

Ingat: Hindari menulis surat lamaran dengan tulisan tangan. Hindari menggunakan tip-ex atau sejenisnya dalam surat lamaran Anda.

4. Isi
Dalam surat lamaran Anda, ada beberapa hal yang perlu dituliskan:

Pembukaan: Sebutkan dimana Anda mendapatkan informasi tentang lowongan kerja tersebut.Contohnya, Anda bisa menyebutkan bahwa Anda mengetahui lowongan kerja tersebut dari iklan di surat kabar, iklan di Internet, atau dari seorang teman Anda.
Pekerjaan Anda sekarang: Ceritakan secara singkat posisi dan bidang pekerjaan Anda saat ini. Anda juga perlu menceritakan secara singkat pencapaian utama Anda dalam pekerjaan tersebut. Agar memberikan gambaran yang lebih baik, berikan informasi secara kuantitatif. Misalnya, "Saya membawahi lima orang junior manager". Yang perlu Anda perhatikan di sini, tuliskan hanya hal-hal yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Baca dengan baik persyaratan yang dibutuhkan dalam iklan lowongan pekerjaan tersebut. Jika pekerjaan yang Anda lamar adalah di bidang marketing research, Anda mungkin tidak perlu menceritakan pencapaian Anda di bidang logistik.

Pendidikan: Jika latar belakang pendidikan perlu diinformasikan, tuliskan secara singkat pendidikan tertinggi Anda. Jika Anda pernah mendapatkan pendidikan di sekolah yang cukup dikenal, ada baiknya Anda menuliskannya di surat lamaran.
Penutup: Dalam penutup ingatkan pembacanya bahwa Anda mempunyai keinginan kuat untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Ada baiknya Anda menyatakan kapan saat terbaik Anda bisa dihubungi untuk proses selanjutnya. Dan jangan lupa ucapkan "Terima kasih".

5. Proof Read
Proof read artinya membaca kembali seluruh tulisan Anda dan memastikan semuanya sudah benar. Pastikan tidak ada kesalahan pengejaan, tidak ada kata-kata yang diulang atau repetitif, dan tata bahasa (grammar) yang digunakan sesuai. Dalam program MS Word Anda bisa menggunakan spell dan grammar checker. Gunakanlah! Menurut sebuah website,"Suatu kesalahan dalam ejaan saja bisa menyebabkan Anda kehilangan kesempatan yang penting untuk memperoleh pekerjaan".

Nah itulah beberapa contoh Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar secara umum, semoga dengan contoh surat lamaran kerja yang telah kami berikan dapat bermanfaat bagi anda. Sekian dulu informasi hari ini, semoga dengan artikel yang telah dipublikasikan dapat membantu anda dalam menggapai kesuksesan.

Tulis Komentar:
Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x