Contoh Surat Undangan Resmi Rapat OSIS

Contoh Surat Undangan Resmi Rapat OSIS. OSIS sebagai salah satu organisasi di sekolah yang kegiatannya sangat padat pasti akanmembutuhkan beberapa jenis surat resmi untuk menunjang kegiatannya.Salah satu kegiatan yang paling sering diadakan oleh OSIS adalah menghadiri undangan dan membuat undangan untuk kegiatannya. Oleh karena itu, tidak jarang para pengurus OSIS mencari contoh undangan rapat OSIS untuk dapatmempermudah kegiatan yang akan diselenggarakan.

Meskipun untuk membuat undangan rapat OSIS tidaklah sulit, namun tentu saja anda harus memperhatikan beberapa hal sehingga anda tetap perlu melihat beberapa contoh undangan rapat OSIS.Hal ini untuk meminimalisir tidak terdapat adanya kesalahan penulisan atau format dalam pembuatan undangan.

Karena undangan rapat OSIS merupakan salah satu surat resmi, anda tentu saja harus mengikuti beberapa kaidah dalam pembuatan surat resmi. Oleh sebab itu, sebelum saya langsung memberikan contoh undangan rapat OSIS, saya akan menjelaskan beberapa hal yang perlu anda pahami terlebih dahulu.Hal yang perlu anda perhatikan adalah urutan pada penulisan surat. Karena pada artikel ini saya akan khusus membahas mengenai contoh undangan rapat OSIS, berikut adalah urutan yang sebaiknya anda ikuti.

1) Kop Surat. Hingga kini, masih ada beberapa organisasi yang tidak menggunakan Kop Surat, itu sebabnya anda harus mulai memikirkan membuat kop suratjika belum memilikinya. Kop surat ini menjadi salah satu hal yang penting bagi surat resmi. Lagipula, membuat kop surat bukanlah pekerjaan yang sulit.

2) Nomor surat. Dengan nomor surat anda bisa mengurutkan surat yang keluar setiap harinya. Oleh karena itu, anda harus membuat format nomor surat dan memiliki catatan sehingga nomor setiap tidaklah sama dan terurut. Dengan begitu, anda akanlebih mudah untuk memfilter surat yang sudah anda keluarkan.

3) Lampiran. Biasanya, jika hanya undangan rapat jarang terdapat lampiran. Lampiran merupakan berkas tambahan yang disertakan pada suratuntuk tujuan tertentu.Salah satu contoh undangan yang menggunakan lampiran adalah undangan untuk mengikuti lomba tertentu, dimana pada berkas lampiran dijelaskan persyaratan dan cara mengikuti perlombaan.

4) Perihal. Perihal ini biasanya menjadi hal pertama yang akan dilihat pada suatu surat. Hal ini dikarenakan perihal menjelaskan secara singkat maksud dari datangnya sebuah surat. Pada contoh undangan rapat OSIS nantinya, tentu saja perihalnya adalah undangan, atau bisa anda tambahkan dengan undangan rapat dan lain sebagainya.

5) Orang yang dituju. Hal ini biasanya ditulis dengan Kepada Yth.Tulisan tersebut tentu saja untuk menghormati orang yang diberikan surat. Anda juga sebaiknya menuliskan dengan jelas sehingga penerima surat merasa yakin bahwa surat tersebut memang untuk dirinya.

6) Salam pembuka. Pada beberapa undangan tertentu, biasanya pengirim undangan akan langsung pada pokok permasalahan, namun tidak ada salahnya anda menggunakan salam pembuka agar terlihat lebih sopan dan menyenangkan untuk dibaca.

7) Isi. Hal ini tentu saja menjadi hal yang sangat penting. Karena penerima undangan biasanya tidak memiliki banyak waktu, anda sebaiknya menuliskan isi undangan dengan singkat dan jelas. Pastikan hal yang anda tuliskan pada isi benar.

8) Penutup. Setelah salam pembuka dan isi, bagian yang tidak boleh ketinggalan tentu saja penutup. Bagian penutup pada contoh undangan rapat OSIS yang akan saya berikan nanti tentu saja tidak akan jauh-jauh dari ucapan terimakasih.

9) Tanda tangan. Tanda tangan disini juga termasuk stempel jika anda memilikinya agar terkesan lebih resmi.

Setelah anda memahami urutan di atas, berikut adalah contoh surat undangan rapat OSIS yang bisa anda jadikan referensi :

(KOP SURAT)
ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS)
SMA ......................
Alamat ......................
Tlp. .......................

Nomor             :  004/OSIS/SMA-III/IV/2016
Lampiran          :  -
Perihal             :  Undangan

Yth. Saudara/i __________
di
Tempat

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Shalawat dan salam semoga saudara dalam lindnugan Allah SWT. Amiin.

    Sehubungan dengan Pergantian Kepengurusan OSIS Periode 2015-2016 dengan OSIS Periode 2016-2017  maka kami mengundang saudara/i pada :

    Hari/Tanggal     : Senin 26 September 2016
    Waktu             : 10.00 s/d selesai
    Tempat            : Sekretariat OSIS SMA III
    Acara              : Verifikasi dan Validasi Pengurus OSIS Periode 2016-2017

Demikian undangan  ini kami sampaikan, atas perhatian dan kehadirannya kami ucapkan terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

                                                                                               Purwokerto, 22 September 2016
                Ketua OSIS                                                                       Sekretaris


               Ahmad Suraidi                                                                   Maulia Irawan
               NISN. _________                                                              NISN. _________

Mengetahui,
Pembina OSIS


Ikhsan, SH.I
NIP. ____________

Demikian untuk Contoh Surat Undangan Resmi Rapat OSIS kali ini, semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda. Akhir kata kami ucapkan rasa terima kasih atas kunjungannya.

Tulis Komentar:
Tekan 2 kali (X) tuk menutup
Dukung kami dengan ngelike fanspagenya x