Contoh Surat Keterangan Sakit dari Dokter Lengkap

Surat keterangan sakit dari dokter merupakan salah satu surat yang banyak dibutuhkan meski sebenarnya tidak satupun dari kita tentunya yang suka untuk berurusan dokter karena mengalami sakit. Lalu mengapa saat sedang sakit kita membutuhkan surat keterangan sakit? Tergantung Anda pada sedang bekerja dimana atau apakah Anda seorang pelajar atau bukan. Seorang pekerja umumnya seperti karyawan, pegawai negeri, pegawai BUMN, swasta bahkan pekerja sekelas rumah makan biasa ketika sedang sakit dan tidak hadir bekerja harus memberikan konfirmasi kepada atasan. Jika hanya beralasan saja tanpa keterangan bisa dianggap berbohong. Begitu pula bagi anak sekolah dan mahasiswa.

Jadi pada intinya, Surat Keterangan Sakit dari Dokter antara lain adalah kebutuhan sebagai berikut:

  1. Permohonan izin
  2. Pernyataan ketidaksanggupan seseorang untuk hadir pada suatu acara atau tempat tertentu. Bahkan ketika pada urusan persidangan, saksi, terdakwa atau yang terlibat didalamnya harus memberikan surat keterangan sakit jika memang beralasan sakit.

Untuk mendapatkannya Anda bisa datang ke dokter, baik itu dokter praktek maupun dokter yang berada di rumah sakit. Nantinya Anda akan mendapatkan keterangan beserta tanda tangan dokter yang memeriksan Anda. Seseorang dilarang membuat surat keterangan dokter sendiri karena sama saja manipulasi. Berikut ini adalah satu contoh surat keterangan sakit dari dokter, semoga bisa menjadi referensi bila Anda membutuhkan.

1. Contoh surat keterangan sakit dari dokter untuk keperluan tidak masuk sekolah :


Contoh surat keterangan sakit dari dokter untuk siswa sekolah
RS MEDIKA MEDICA JAKARTA
Jl. Melati No. 4 Jakarta-Timur
No Telepon 021-7223S312 / 7129392
10 Oktober 2016

No Surat               : VI/12/128
Perihal  : Surat Keterangan Sakit
Surat Keterangan Sakit

Kami selaku pihak RS. Medika Medica Jakarta  menerangkan bahwa, saudara :
Nama                                     : Muhamad Faulina Farulin Mutabart Hutasoid
Jenis Kelamin                        : Laki-Laki
Umur                                      : 23 Tahun
Alamat                                   : Jl. Merah putih  No. 4 Jakarta-Selatan
No Telepon                            : 021-7387492
Tidak bisa mengikuti pelajaran seperti biasanya di sekolah dikarenakan harus menjalani istirahat dari tertanggal Senin, 10 Oktober 2016 s/d Kamis, 13 Oktober 2016. Dikarenakan sakit demam berdarah.
Sekian surat keterangan sakit ini kami terbitkan tanpa ada intervensi atau arahan dari pihak pasien atau lainnya. Kami harapkan Surat Keterangan Sakit ini dapat dimanfaatkan sebijaknya dan semestinya.

Mengetahui,
Kepala RS

Dr Mulya Lubis Soleh Modara

2. Contoh surat keterangan sakit dari dokter untuk keperluan lainnya, contohnya untuk keperluan kerja di perusahaan ataupun dalam rangka pelaksanaan kegiatan.


PEMERINTAH KABUPATEN ACEH UTARA

DINAS KESEHATAN

PUSKESMAS SAMUDERA
ALAMAT : JALAN RAYA B. ACEH – MEDAN KEC. SAMUDERA TELP. (0645) 83056
SURAT KETERANGAN SAKIT
No. Peg . 812/ /2016
Yang bertanda tangan di bawah ini, dokter pada Pusat Kesehatan Masyarakat Kecamatan Samudera Geudong, menerangkan bahwa :
Nama                      : HAMMARIA
Tempat/Tgl.Lahir    : Krung Baro, 04-10-1987
Jenis Kelamin         : Perempuan
Pekerjaan               : Mahasiswi
Alamat                    : Gampong Meuraksa Kec. Geudong
                                Kab. Aceh Utara.
Pada pemeriksaan kami ianya benar dalam keadaan Sakit, dan perlu diberikan istirahat selama masa penyembuhan. terhitung sejak tanggal 10 Oktober 2016.
Demikianlah surat keterangan ini diperbuat dengan sebenarnya untuk dapat dipergunakan seperlunya.
                                                                   Geudong, 10 Oktober 2016
                                                                       Dokter yang memeriksa
                                                                               dr. F A U Z I

Bagaimana? dari sini tentu Anda sudah paham bahwa penggunaan surat keterangan dokter memang sangat penting dan berguna saat situasi serta kondisi fisik tidak sehat. Namun sebaiknya Anda harus tetap menjaga fisik agar tidak mengalami sakit dan bisa menjalankan aktivitas pekerjaan atau sekolah dengan lancar.

Demikian yang dapat kami sampaikan terkait dengan Contoh Surat Keterangan Sakit Dari Dokter sebagai refrensi untuk anda dan untuk data yang ada bisa disesuaikan dengan data diri anda. Akhir kata saya ucapkan rasa terima kasih atas kunjungan anda ke situs kami, sampai jumpa lagi dilain kesempatan.

Tulis Komentar: