web statistics

Kolom Pencarian Surat..

Bentuk-bentuk Surat yang Penting untuk Kita Ketahui

Pengertian surat adalah suatu alat komunikasi tertulis yang digunakan untuk menyampaikan pesan kepada pihak lain. Dalam pembuatan surat biasanya terdapat persyaratan khusus seperti penggunaan lampiran dan perihal, kertas yang digunakan, model dan bentuk surat, pencantuman tanda tangan, serta pemakaian bahasa yang khas.

Surat memiliki fungsi yang penting dalam komunikasi antar pihak, antara lain sebagai:

  • peringatan atau alat untuk mengingatkan,
  • dokumen tertulis dan pelengkap kearsipan,
  • bahan bukti,
  • alat komunikasi yang dapat memperpendek jarak, serta menghemat tenaga dan waktu.
  • dan masih banyak lagi.

Jenis-jenis Surat dan Bentuk-bentuk Surat

Ada banyak jenis surat yang penting untuk diketahui, antara lain surat pribadi, surat dinas, surat niaga, dan surat resmi. Semua jenis surat tersebut digolongkan berdasarkan pemakaiannya, bentuk isi, maupun bahasanya.

Berikut ini adalah pengertian singkat dari jenis-jenis surat di atas:

  • Pengertian Surat Pribadi adalah jenis surat yang isinya berkaitan kepentingan pribadi, biasanya dibuat menggunakan bahasa yang tidak baku.
  • Pengertian Surat Dinas adalah surat resmi yang dibuat dan dikeluarkan oleh sebuah instansi atau lembaga pemerintah dengan tujuan untuk keperluan dinas.
  • Pengertian Surat Niaga adalah Surat yang dibuat oleh orang atau perusahaan yang bertujuan untuk kepentingan bisnis atau perdagangan.
  • Pengertian Surat Resmi adalah surat yang dibuat dan dipergunakan untuk kepentingan yang bersifat resmi, penulisannya bisa dilakukan oleh perseorangan, instansi, lembaga ataupun organisasi.

Sementara pengertian dari bentuk-bentuk surat adalah pola surat berdasarkan susunan letak dan bagian-bagian surat. Setiap bentuk surat memiliki perbedaan baik susunan maupun strukturnya.

Format Surat

Berikut ini kami jelaskan bentuk-bentuk surat berdasarkan pola umum dalam surat-menyurat:

1. Bentuk Surat Lurus Penuh (Full Block Style)
Bentuk surat lurus penuh memiliki ciri bentuk penulisan yang semuanya dimulai dari sebelah kiri. Mulai dari tanggal, lampiran, hingga kata penutup, semua ditulis dari sebelah kiri.

2. Bentuk Surat Lurus (Block Style)
Bentuk surat lurus penuh ini hampir sama dengan no 1 yakni surat bentuk lurus penuh. Yang membedakan hanya pada penempatan nama terang, nama jabatan, tanggal, nama instansi, dan salam penutup.

3. Bentuk Surat Setengah Lurus (Semi Block Style)
Bentuk surat setengah lurus agak mirip dengan bentuk surat lurus, hal yang membedakan terletak pada penulisan isi surat dengan posisi menjorok ke dalam di setiap alinea baru. Bentuk surat setengah lurus banyak diterapkan pada surat-surat resmi perusahaan.

4. Bentuk Surat Lekuk (Indented Style)
Bentuk surat lekuk memiliki ciri-ciri penulisan alamat pada surat yang tidak rata atau berbentuk seperti tangga. Dalam bentuk surat lekuk, penulisan di setiap alinea baru biasanya dimulai agak menjorok ke dalam paragraf.

5. Bentuk Surat Menggantung (Hanging Paragraph)
Bentuk Surat Menggantung memiliki kemiripan dengan bentuk surat lurus, perbedaan hanya terletak pada penulisan alamat dan paragrafnya. Setiap paragraf ditulis dengan format rata kiri, dengan baris selanjutnya yang agak menjorok ke dalam paragraf.

6. Bentuk Surat Resmi Indonesia Lama
Bentuk surat resmi Indonesia lama merupakan penulisan surat dengan format alamat surat yang diketik di sebelah kanan di bawah tanggal surat.

7. Bentuk Surat Resmi Indonesia Baru
Bentuk surat resmi Indonesia Baru memiliki ciri kombinasi antara bentuk surat setengah lurus dan bentuk surat resmi Indonesia lama. Perbedaan terletak pada penulisan salam penutup yang berada di posisi kanan sejajar dengan penulisan tembusan.

Nah, itulah bentuk bentuk surat yang penting untuk kita ketahui sebagai bagian dari aktivitas kesekretariatan dalam suatu organisasi maupun instansi, semoga informasi di atas dapat membantu Anda memahami pengertian dan perbedaan bentuk-bentuk surat yang beredar di masyarakat.

Tulis Komentar: