web statistics

Begini Contoh Surat Pengiriman Barang yang Benar

Contoh surat pengiriman barang masih berkaitan dengan lingkup surat niaga. Selain surat pengiriman barang, dalam surat-surat niaga juga ada surat penawaran dan surat pesanan barang.

Nah, di kesempatan kali ini kita akan membahas tentang contoh surat pengiriman barang yang perlu Anda ketahui sebagai orang yang bergelut di bidang perniagaan.

Tujuan Surat Pengiriman Barang
Tujuan dari surat pengiriman barang merupakan balasan dari surat pesanan barang atau order dari konsumen. Biasanya, dalam surat pengiriman barang tercantum bahwa surat order sudah diterima dan barang akan segera dikirim diwaktu tertentu.

Contoh surat pengiriman barang juga akan mencantumkan media pengiriman yang akan digunakan dan menindaklanjuti soal pembayaran.

Jadi, tujuan dibuatnya surat pengiriman barang ialah untuk memberitahukan kepada konsumen tentang waktu pengiriman barang yang sudah dipesan, alat angkut barang yang digunakan, dan jumlah uang yang harus dibayarkan saat pembelian.

Cara Membuat Surat Pengiriman Barang
Dalam pembuatan contoh surat pengiriman barang, ada bagian-bagian surat yang harus diperhatikan dan dicantumkan, antara lain kop surat, nomor surat, nama dan alamat tujuan surat, perihal, surat pesanan dari konsumen, waktu pengiriman, serta harga barang dan cara pembayarannya. formatsurat.info

Nah, setelah kita mengetahui bagian-bagian dari surat pengiriman barang, berikut ini kami berikan beberapa contoh surat pengiriman barang yang bisa Anda jadikan acuan.


Contoh Surat Pengiriman Barang I


CV. Maju Mulia
Jalan Kolonel Sugiono No 6, Pemalang, Jawa Tengah
Telp: 0254 333 777 Email: majumulia@rocketmail.com
===========================================================
Nomor     :    022/PBP/III/2018
Lampiran :    1 lembar Faktur Penjualan
Perihal     :    Pengiriman Barang Pesanan

Kepada Yth.
PT. Bintang Sembilan
Jl. Pemuda No 10, Pemalang, Jawa Tengah
UP Ibu Suciningtyas
    Di tempat

Dengan hormat,

Surat Pesanan Barang bernomor 131/PB/III/2018 yang dikeluarkan pada tanggal 20 Maret 2018 sudah kami terima dengan baik.

Bersama ini kami beritahukan bahwa pesanan Alat Tulis Kantor yang telah Anda pesan akan kami kirim pada hari Rabu 23 Maret 2018. Pengiriman barang akan dilakukan dengan mobil box, semoga barang dapat diterima dengan baik dan tepat pada waktunya.

Berdasarkan kesepakatan bahwa pembayaran dilakukan melalui cara tunai sesudah barang diterima, maka bersama ini kami juga melampirkan faktur penjualan senilai Rp 2.000.000 (dua juta rupiah).

Demikian surat pengiriman barang ini kami sampaikan, atas perhatian dan kepercayaannya kami ucapkan banyak terima kasih.

Pemalang, 22 Maret 2018

Hormat kami,
CV. Maju Mulia
“Toko Maju Mulia”


Ttd
Rizal Zainuri
Kepala Toko



Contoh Surat Pengiriman Barang II

CV DUNIACOM
Jalan Jendral Sudirman Barat No 54, Semarang, Jawa Tengah
=======================================================

Semarang, 10 Maret 2017
Nomor     :    67/PBP/III/2017   
Lampiran :    1 lembar Faktur Penjualan
Perihal     :    Pengiriman Unit Komputer

Kepada Yth.
Kepala SMA N 1 Kota Tegal
Jl. Pemuda, No 50,
Kota Tegal

Dengan hormat,

Dengan ini kami beritahukan bahwa surat Saudara tanggal 7 Maret 2017 perihal pesanan 10 unit komputer merek Lenovo dengan Processor Intel Core i3 sudah kami terima dengan baik.

Dengan ini kami beritahukan bahwa barang pesanan akan segera kami kirimkan menggunakan truk pada hari ini tertanggal 10 Maret 2017. Semoga barang pesanan tersebut tiba di lokasi Saudara dengan baik dan tepat waktu.

Bersama surat ini kami lampirkan pula faktur senilai Rp 25.000.000 (dua puluh lima juta rupiah). Sesuai dengan kesepakatan, pembayaran dilakukan secara tunai setelah barang Saudara terima.

Demikian surat pengiriman barang ini kami sampaikan, terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya yang baik.

Hormat kami,
CV. DUNIACOM
“Toko Duniacom”


Slamet Triono
Kepala Toko

***

Itulah beberapa contoh surat pengiriman barang yang benar dan sesuai aturan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi pembaca.

Tulis Komentar: