5 Contoh Surat Lamaran Kerja Umum yang Baik dan Benar - DiknasPedia

ads/responsive.txt

ads/responsive.txt
Surat Lamaran Kerja yg baik & sahih bisa ditinjau menurut struktur penulisan yg tepat & gaya bahasa yang dipakai. Indikator-indikator ini mempunyai peran penting & sangat berpengaruh dalam sebuah keputusan apakah lamaran kerja Anda diterima atau ditolak oleh sebuah perusahaan. Dengan demikian, perlu kiranya anda mengusut bagaimana cara menulis surat lamaran yg baik & sahih supaya pengajuan lamaran kerja Anda diterima.
5 Contoh Surat Lamaran Kerja Umum yang Baik dan Benar

Dalam menulis surat lamaran kerja, Anda diharuskan menggunakan bahasa yang sopan, kentara, singkat, padat dan tidak bertele-tele. Penusisan surat lamaran yg terlalu panjang sampai menghabiskan satu halaman folio lebih, akan menciptakan orang jenuh membacanya. Bahkan mampu jadi surat lamaran Anda akan diabaikan dan nir dibaca sama sekali. Satu halaman folio adalah berukuran yang normal. Tetapi jika ada informasi yang dianggap perlu diajukan, usahakan diletakkan menjadi lampiran. Hal yang terpenting pada menulis surat lamaran adalah membicarakan cita-cita buat melamar pekerjaan menggunakan syarat-syarat yg dipenuhi.

Untuk lebih jelasnya tentang cara menulis surat lamaran pekerjaan yang sesuai dengan kaidah bahasa yg baik & benar bersama model-misalnya, silahkan simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Surat Lamaran Kerja


Apa yang dimaksud menggunakan Surat Lamaran Kerja? Secara generik, pengertian surat lamaran kerja adalah surat permohonan kerja yg dibentuk sang pencari kerja (pelamar Pekerjaan), buat kemudian dikirimkan pada suatu badan bisnis atau instansi guna menerima pekerjaan atau jabatan yang sinkron dengan lowongan pekerjaan yang ditawarkan.

Surat lamaran pekerjaan ini  umumnya bersifat formal ataupun resmi, misalnya surat untuk melamar pekerjaan sebagai karyawan ataupun jabatan tertentu sinkron dalam iklan lowongan pekerjaan yang ditawarkan.

Maka berdasarkan itu, dalam penulisan surat lamarannya perlu menjelaskan darimana sumber warta lowongan kerja tadi didapat, yaitu pada alinea atau paragraf pembuka. Jika lamaran tadi nir diperoleh menurut suatu asal, maka penyebutan sumber dalam alinea pembuka ini tidak diperlukan.

Struktur Penulisan Surat Lamaran Kerja


Untuk menulis surat lamaran kerja yg baik dan sahih, struktur penulisan surat perlu diperhatikan menggunakan cermat supaya tidak terjadi kesalahan. Berikut merupakan bagian pada strukur surat lamaran pekerjaan:
  • Tempat dan Tanggal pembuatan surat
  • Lampiran
  • Hal
  • Alamat surat
  • Salam pembuka
  • Alinea pembuka
  • Alinea Isi
  • Alinea Penutup
  • Salam penutup
  • Tanda tangan & nama jelas


1. Tempat & Tanggal Pembuatan Surat

Tempat & lepas pembuatan surat ini ditulis dan diletakkan dibagian pojok kanan atas tanpa titik di akhir, lantaran bukan adalah suatu kalimat.

Contoh :
Jakarta, 25 Maret 2019

dua. Lampiran

Dalam penulisanya, kata "Lampiran" ini tidak boleh disingkat. Angka dalam kolom lampiran harus ditulis menggunakan alfabet .

Contoh:
Lampiran: Satu Lembar

3. Perihal

Perihal dalam surat lamaran adalah maksud & tujuan menurut surat lamaran

Contoh:
Perihal: Lamaran Kerja

4. Alamat Surat

Dalam penulisan alamat surat, nir diperbolehkan memakai istilah-kata “Kepada”. Penulisan alamat yang disarankan nir lebih menurut 3 baris. Untuk penulisan jabatan tidak boleh memakai jenis kelamin misalnya halnya bapak atau ibu. Sedangkan penulisan “Jalan” pada suatu alamat nir boleh disingkat. Tidak boleh menggunakan titik pada masing-masing akhir barisnya.

Contoh :
Yth. Manager Maju Jaya
Jalan M.H Thamrin No. 05
Jakarta Pusat

lima. Salam Pembuka

Setelah kata “Dengan Hormat” harus memakai koma.
Kata menggunakan hormat sebaiknya bisa dijadikan satu menggunakan kalimat selanjutnya, walaupun diganti baris seperti biasa jua tetap dapat dipakai.

Contoh :
Dengan Hormat, menurut . . . . . . . . . . ( yg dianjurkan )
Dengan Hormat,
Berdasarkan . . . . . . . . . . ( tetap dapat dipakai )

6. Alinea Pembuka

Penulisan kalimat pada alinea pembuka sebaiknya harus menggunakan bahasa yang baik & sopan, serta menciptakan instansi yg membacanya nir tersinggung.

7. Alinea Isi

Dalam alenia isi ini masih ada beberapa utama krusial, seperti menuliskan bukti diri pelamar, menyebutkan maksud & tujuan serta menyertakan lampiran.

8. Alinea Penutup

Dalam epilog kita harus pertanda keantusiasan kita dalam melamar suatu pekerjaan dalam instansi yg kita tuju.

Contoh : Demikian surat lamaran pekerjaan yang saya buat, akbar harapan saya buat sanggup sebagai bagian menurut perusahaan . . . . . . . . .

9. Tanda Tangan dan Nama Terang

Tanda tangan ini berada di pojok kanan bawah surat, lalu dibawahnya ditulis nama lengkap anda.

Contoh : Hormat saya,

Contoh-Contoh Penulisan Surat Lamaran Kerja 


Setelah mengetahui strustur-struktur pada penulisan surat lamaran kerja, dibawah ini masih ada beberapa model surat lamaran kerja umum yg baik dan benar yg sanggup Anda gunakan menjadi bahan referensi ketika Anda hendak melamar pekerjaan. Baik buat instansi, perusahaan atau yg lainya.

1. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yg Baik dan Benar


Semarang, 12 Oktober 2019

Hal : lamaran pekerjaan
Yth,
Pimpinan Toko Buku Gramedia
Semarang

Dengan hormat,
Sesuai menggunakan keterangan adanya lowongan pekerjaan dari Toko Buku Gramedia yang saya dapatkan dari harian Republika dalam tanggal dua Oktober 2019. Saya bermaksud buat melamar pekerjaan dan bergabung ke pada perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin. Adapun bagian pekerjaan yang saya maksudkan adalah bagian Digital Marketing pada Toko Buku Gramedia.

Berikut ini adalah data singkat saya:

Nama                                : Tanzania Brika 
Tempat / tgl. Lahir        : Semarang, 05 Januari 1992
Pendidikan Terakhir   : S1 Manajemen Pemasaran
Alamat                              : Jl. Bunga Matahari No. 212
Telepon (HP)                  : 0812-2212-4321
Status                                : Belum Menikah

Saat ini aku dalam keadaan yg sehat dan bisa berbahasa Inggris menggunakan fasih. Kejujuran selalu aku utamakan. Latar belakang pendidikan aku sangat memuaskan. 

Bersama dengan ini aku lampirkan :
  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Foto copy ijazah S1
  3. Foto copy transkrip nilai
  4. Foto copy sertifikat kursus dan training
  5. Pas photo terkini

Demikian surat lamaran permohonan pekerjaan yg aku berikan. Besar harapan aku , supaya  bisa diterima menjadi karyawan di perusahaan yg Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatiannya aku ucapkan poly terima kasih.

Hormat aku ,
Materai 6000
Tanzania Brika 

dua. Contoh Surat Lamaran Kerja Umum


Jakarta, 17 April 2019

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                                        : Ahmad Albar
Tempat ; lepas Lahir              : Tangerang, 10 Februari 1991
Alamat                                      : Cempaka, RT 01 RW 03 Kwarasan, Grogol, Jakarta
No. HP                                      : 085 290 888 7777

Dengan ini,aku mengajukan surat lamaran pekerjaan pada Bapak / Ibu Pimpinan buat diterima menjadi karyawan  di perusahaan yg Bapak / Ibu Pimpin. Sebagai bahan pertimbangan beserta ini saya pula lampirkan:
  1. Fotocopy Ijazah Terakhir
  2. Daftar Riwayat Hidup
  3. Fotocopy SKCK
  4. Fotocopy KTP
  5. Pas Foto 4×6
Demikian buat mengakibatkan bahan pertimbangan, besar asa aku buat bisa diterima di Perusahaan yang bapak atau mak pimpin. Atas perhatian dan terkabulnya permohonan ini saya ucapkan Terima kasih.

Hormat saya,
Ahmad Albar

tiga. Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru


Purwokerto, 11 November 2019

Yth,
Kepala Pinpinan UD. Berkah Jaya
Jl. Semarang – Puwodadi Km 05

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan pada bawah ini saya :

Nama : Muhammad Harun
Tempat, lepas lahir : Pekalongan, 08 Maret 1990
Pendidikan : D3
Alamat : Melati, RT.12 / RW.34 Gondang, Pekalongan
Telepon : 0858 8901 1123

Bermaksud buat mengajukan lamaran pekerjaan pada perusahaan yg Bapak / Ibu pimpin menjadi karyawan. Sebagai bahan pertimbangan bersama surat ini saya lampirkan :
  1. Fotocopy Ijazah
  2. Fotocopy KTP
  3. Pas Foto

Demikian surat lamaran pekerjaan aku untuk akbar harapan saya buat sanggup diterima di Perusahaan yg Bapak/Ibu Pimpin. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Muhammad Harun

4. Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris


Adelia Fransiska Helvi
12 Cisoka, East Java, CA 46115
0812-1294-4129
fransiskahelvi@gmail.Com

Michael Owen
MLM Company
87 Sudirman
South Gandaria, Jakarta, CA 12140

Dear Mr. Owen,

I am writing this letter to apply for the marketing position advertised in the Republika Post. As requested at the advertisement, I am enclosing a completed job application, my certification, my resume, and two references.

The employment opportunity in the ad is very interesting. I believe that the knowledge and experience I have is able to make MLM, the company that you lead to achieve better performances. The strengths that I have in order to get this position are:
  1. I have helped to create a better branding image and gave the good impact on corporate profits.
  2. I have worked at two major companies engaged in insurance.
  3. Education that I have in the field of marketing, finance, and the computer operator is considered highly enough to get this position.
  4. I have a lot of expertise, especially in terms of computation and accuracy of digital marketing.
Please see my resume that I have enclosed for the additional information of my experiences. I can be contacted anytime via email at fransiskahelvi@gmail.Com or my cell phone, 0812-1294-4129.

Thank you for your time and consideration. I very look forward to speak with you about this employment opportunity.

Sincerely,
Adelia Fransiska Helvi

5. Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Berikut ini adalah model surat lamaran kerja yang ditulis tangan yang sanggup anda jadikan sebagai bahan surat keterangan. Silahkan tekan gambar buat memperbesar.
5 Contoh Surat Lamaran Kerja Umum yang Baik dan Benar
Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Itulah model surat lamaran kerja umum modern yg dapat Anda pakai buat referensi mencari kerja. Pastikan menciptakan surat lamaran kerja menggunakan sebaik-baiknya supaya surat lamaran tersebut dapat diterima sang HRD perusahaan. Dengan begitu, peluang diterima kerja pun bisa semakin besar .

ads/responsive.txt

ads/responsive.txt