Manajemen Adalah: Pengertian Fungsi Tujuan Jenis dan Contoh Manajemen - DiknasPedia

ads/responsive.txt

ads/responsive.txt
Pengertian Manajemen - Materi yang akan dibahas  pada artikel ini berkaitan dengan manajemen, mulai  menurut pengertian manajemen, fungsi manajemen, tujuan manajemen, unsur-unsur manajemen, jenis-Jenis manajemen hingga contoh manajemen.
Manajemen Adalah: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Contoh Manajemen

Pengertian Manajemen merupakan


Apa yang dimaksud menggunakan manajemen? Secara generik, pengertian manajemen merupakan sebuah seni buat mengatur seseorang/kelompok buat mencapai suatu tujuan eksklusif. Adapun orang yg mengatur dinamakan manajer.

Menurut definisinya, arti manajemen adalah salah satu cabang ilmu yg sangat penting untuk dipelajari, baik pada skala mini juga skala besar . Semua urusan bisa berjalan dengan baik dan maksimal bila pengelolaan manajemennya rupawan dan terukur.

Sedangkan secara etimologi, pengertian manajemen diambil dari bahasa Perancis antik, yaitu "menagement", yang ialah adalah seni dalam mengatur & melaksanakan. Manajemen sanggup pula diartikan menjadi upaya perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian dan pengontrolan sumber daya buat mencapai tujuan atau sasaran secara efektif dan efisien.

Dalam sebuah organisasi, manajemen sangat diperlukan buat menunjang perkembangan sebuah organisasi/perusahaan. Hal ini perlu dukungan manajemen yg meliputi manajemen strategi, manajemen asal daya manusia, produksi, pemasaran, dan manajemen lainnya.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli


Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami arti manajemen, berikut beberapa pendapat ahli di bidang ilmu manajemen yg dapat dijadikan sebagai acum:

George R. Terry 

Dalam buku "Principles of Management" yg ditulis oleh George R. Terry menjelaskan bahwa pengertian management merupakan sebuah proses yg menjadi pembeda atas perencanaan, pengorganisasian, dan penggerakan dan pengawasan dengan memakai (memanfaatkan) baik ilmu atau seni demi mencapai sebuah tujuan yang telah dipengaruhi sebelumnya.

Henry Fayol

Menurut Henry Fayol, seorang teoris manajemen atau administrasi berasal Prancis mendefinisikan manajemen sebagai suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, & supervisi/ kontrol terhadap sumber daya yang terdapat agar mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Mary Parker Follet

Menurut Mary Parker Follet yang merupakan konsultan manajemen, mengartikan bahwa manajemen merupakan sebuah seni dalam merampungkan pekerjaan melalui kiprah orang lain. Dimana seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain buat mencapai tujuan atau gol sebuah organisasi.

Horold Koontz

Profesor manajemen bisnis di University of California, Horold Koontz, menjelaskan bahwa pengertian manajemen merupakan usaha (yg dilakukan) buat mencapai tujuan eksklusif melalui (mediator) kegiatan orang lain

Ensiclopedia of The Social Sciences

Pengertian manajemen menurut ensclopedia of the social sciences ialah proses pelaksanaan (pencapaian) tujuan tertentu yg (telah) diselenggarakan & diarvasi

Fungsi  & Tujuan Manajemen Dalam Bisnis


Manajemen Adalah: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Contoh Manajemen
Foto: https://digitaldefynd.Com/

Setelah mengetahui apa pengertian manajemen, selanjutnya Anda perlu mengetahui apa fungsi dari manajemen itu sendiri. Didalam perusahaan, buat memperoleh output manajemen secara aporisma, para manajer didalam perusahaan dituntut buat mampu menguasai semua fungsi manajemen yang ada. Setidaknya terdapat 4 fungsi utama pada usaha, yaitu:

1. Fungsi Perencanaan (Planning)

Planning merupakan suatu tugas buat memutuskan tujuan perusahaan lalu dilanjutkan dengan menyusun segalamacam rencana-rencana guna mencapai tujuan perusahaan yang sudah dipengaruhi.

Planning dilaksanakan  dalam penentuan tujuan organisasi scara keseluruhan & adalah langkah yg terbaik buat mencapai tujuannya itu. Pihak manajer mengevaluasi berbagaii rencana alternatif sebelum pengambilan tindakan kemudian mempelajari rencana yang terpilih apakah sesuai & sanggup digunakan buat mencapai tujuan.

Sedangkan perencanaan adalah proses awal yg paling krusial berdasarkan seluruh fungsi manajemen, lantaran fungsi yg lain tak akan sanggup bejalan tanpa rencana. Beberapa fungsi perencanaan antara lain:
  • Ada beberapa aktivitas pada fungsi perencanaan
  • Menetapkan arah tujuan dan sasaran usaha
  • Menyusun taktik pada pencapaian tujuan & sasaran tadi
  • Menetapkan sumber daya yg diharapkan
  • Menentukan baku kesuksesan pada pencapaian suatu tujuan & target bisnis

dua. Fungsi Pengorganisasian (Organizing)

Organizing adalah suatu kegiatan penagturan pada asal daya insan & sumber daya fisik yg lainnya yang dimiliki oleh perusahaan untuk sanggup melaksanakan planning yang telah ditetapkan dan mencapai tujuan utama perusahaan.

Dalam bahasa yg lebih sederhana organizing adalah semua proses pada mengelompokkan semua orang, indera, tugas tanggung-jawab & kewenangan yang dimiliki sedemikian rupa sampai memunculkan kesatuan yg bisa digerakkan pada mencapai tujuan.

Organizing bisa membuat manajer gampang pada melaksanakan pengawasan dan penentuan personil yg diperlukan buat menjalankan tugas yg telah dibagi bagi.

Pengorganisasian bisa dijalankan menggunakan menetukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa personil yang menjalankannya, bagaimana tugasnya dikelompokkan, siapa yg wajib bertanggung jawab terhadap tugas tersebut. Berikut ini beberapa kegiatan kegiatan yang ada pada fungsi Organizing (fungsi pengorganisasian):
  • Mengalokasikan sumber daya dan menyusun serta memutuskan tugas-tugas. Selain itu jua menetepkan mekanisme yg diharapkan
  • Menetapkan strukutur perusahaan yg menujukan adanya garis wewenang serta tanggung-jawab
  • Kegiatan perekrutan, penyeleksian orang, melakukan pembinaan serta pengembangan energi kerja
  • Aktivitas penempatan energi kerja dalam posisi eksklusif sesuai dengan keahliankaryawan.


3. Fungsi Pengarahan (Directing)

Fungsi dari pengarahan atau directing ini bertujuan buat menaikkan efektivitas dan efisiensi kinerja dengan optimal & membangun suasana lingkungan kerja yang bergerak maju, sehat dan yang lainnya.

Ada beberapa kegiatan yg dilakukan pada fungsi pengarahan, diantaranya merupakan:
  • Mengimplementasikan kepemimpinan, pembimbingan, dan memberikan motivasi pada karyawan agar mampu bekerja dengan efektif dan efisien pada mencapai tujuan yang telah ditentukan
  • Memberi tugas dan penerangan secara rutin mengenai pekerjaan
  • Menjelaskan seluruh kebijakan yg sudah ditetapkan

4. Fungsi Pengendalian / Pengawasan (Controlling)

Controling atau pengawasan merupakan kegiatan dalam menilai suatu kinerja berdasarkan dalam standar yang telah dibuat perubahan atau suatu pemugaran bila dibutuhkan.

Aktivitas dalam fungsi pengendalian ini contohnya:
  • Mengevaluasi pulang keberhasilan dalam proses mencapai tujuan dan target mengikuti indikator yang telah ditetapkan
  • Melakukan tindakan klarifikasi dan koreksi bila pada prakteknya terjadi penyimpangan yang ditemukan
  • Memberi solusi cara lain jika terjadi  perkara dalam mencapai tujuan yang ditetapkan

Unsur-Unsur Manajemen


Manajemen Adalah: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Contoh Manajemen
Foto: https://tipac.Net/

Untuk menunjang kinerja manajemen dalam kegiatan berbisnis bisa berjalan menggunakan baik & lancar, setidaknya terdapat 6 unsur yang wajib dipenuhi. Dari ke enam unsur ini masing-masing saling melengkapi satu sama lain.

1. Manusia (Human)

Dalam aktivitas manajemen, faktor yang paling penting merupakan asal daya manusianya. Sumber daya insan ini yang akan mengatur, membuat planning yang ingin diraih. Jadi, tanpa adanya manusia, aktivitas manajemen nir akan pernah berjalan.

2. Uang (Money)

Uang adalah bagian berdasarkan unsur manajemen  yang krusial pada kegiatan manajemen. Uang sebagai mediator utama dalam mencapai tujuan. Biaya operasional pada sebuah aktivitas manajemen tentu membutuhkan uang agar bisa berjalan baik. Misalnya untuk honor pegawai, pembelian dan perawatan alat-alat kantor, & peralatan lainnya yang diperlukan oleh perusahaan.

tiga. Material (Materials)

Unsur manajemen material menjadi faktor penting lantaran kualitas bisnis ditentukan oleh kualitas material yg dipilih. Jadi, jika material yg dipilih buruk, tujuan manajemen akan sulit tercapai. Material ini terdiri dari raw material (bahan 1/2 jadi) dan bahan jadi.

4. Mesin (Machines)

Mesin adalah unsur lain yg perlu diperhatikan. Dengan adanya mesin atau teknologi, pekerjaan yg dilakukan oleh insan niscaya akan lebih mudah. Tujuan manajemen pun dapat tercapai lebih efektif & efisien.

5. Metode (Methods)

Unsur ini menghipnotis kinerja dalam sebuah manajemen. Proses aplikasi kerja hanya bisa berjalan menggunakan efektif dan efisien jika dilakukan dengan metode yang tepat. Apabila metode yg dibuat menurut target, fasilitas, ketika, uang, dan aktivitas usaha, kegiatan manajemen niscaya akan berjalan menggunakan baik. Unsur ini jua perlu mendapat campur tangan manusia agar dapat tercipta menggunakan baik.

6. Pasar (Market)

Unsur market ini keberadaanya sangat krusial, karena sebuah usaha hanya bisa berkembang bila telah dikenal di pasaran. Unsur pasar ditentukan sang unsur material lantaran barang atau jasa yg laku wajib mempunyai kualitas baik. Jika tidak ada pasar untukmemasarkan produk, maka barang/produk tidak akan laris & tujuan manajemen nir akan pernah tercapai.

Prinsip-Prinsip Manajemen


Manajemen Adalah: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Contoh Manajemen
Foto: http://hotelschool.Lv/

Menurut Henry Fayol, seorang pencetus teori manajemen yg berasal menurut Perancis, prinsip-prinsip manajemen ini secara umum terdiri dari:
  • Pembagian kerja (division of work)
  • Wewenang & tanggung jawab (authority and responsibility)
  • Disiplin (discipline)
  • Kesatuan perintah (unity of command)
  • Kesatuan pengarahan (unity of direction)
  • Mengutamakan kepentingan organisasi di atas kepentingan sendiri (subordination of individual interests to the general interests)
  • Pembayaran upah yg adil (renumeration)
  • Pemusatan (centralisation)
  • Hierarki (hierarchy)
  • Tata tertib (order)
  • Keadilan (equity)
  • Stabilitas kondisi karyawan (stability of tenure of personnel)
  • Inisiatif (Inisiative)
  • Semangat kesatuan (esprits de corps)

Jenis-Jenis Manajemen / Bidang manajemen


Manajemen Adalah: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Contoh Manajemen
Foto: http://www4.Leschaco.Com/

Dalam penerapan ilmu manajemen pada kehidupan sehari-hari, terdapat banyak sekali model manajemen yang sanggup anda temukan, sesuai menggunakan bidangnya. Berikut ini adalah beberapa model & macam-macam manajemen:
  • Manajemen administrasi perkantoran
  • Manajemen pergantian
  • Manajemen komunikasi
  • Manajemen constraint
  • Manajemen porto
  • Manajemen interaksi pelanggan
  • Manajemen harga pendapatan
  • Manajemen enterprise
  • Manajemen fasilitas
  • Manajemen integrasi
  • Manajemen pengetahuan
  • Manajemen pemasaran
  • Manajemen mikro
  • Manajemen sakit
  • Manajemen pandangan
  • Manajemen pengadaan
  • Manajemen program
  • Manajemen projek
  • Manajemen proses
  • Manajemen produksi
  • Manajemen kualitas
  • Manajemen asal daya manusia
  • Manajemen risiko
  • Keahlian manajemen
  • Manajemen pengeluaran
  • Manajemen rantai suplai
  • Manajemen sistem
  • Manajemen saat
  • Manajemen stress
  • Manajemen strategis
  • Manajemen keuangan
  • Manajemen personalia
  • Manajemen organisasi
  • Manajemen Pertunjukan
  • Manajemen Persiapan & Pelaksanaan
  • Manajemen Pendidikan

Contoh-Contoh Manajemen Dalam Bisnis


Manajemen Adalah: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Contoh Manajemen
Foto: https://media.Istockphoto.Com/

Agar tahu penerapan manajemen pada bisnis, dibawah ini masih ada beberapa contoh manajemen usaha antara lain:

1. Manajemen produksi

Fungsi manajemen produksi yaitu buat mengatur supaya perusahaan dapat menciptakan & menambah kegunaan suatu barang dan jasa dan bertanggung jawab terhadap perencanaan produksi & distribusi sebuah organisasi perusahaan.

dua. Manajemen pemasaran

Adalah susutu planning kegiatan yg dilakukan sang perusahaan menurut analisis situasi & tujuan yang sudah ditetapkan buat memutuskan produk yang disukai pasar, harga, kenaikan pangkat & penempatan jalur distribusi.

Tugas manajemen pemasaran:
  • Riset pasar: bagian terpenting buat mengetahui cita-cita, perilaku, dan tingkah laris konsumen terhadap produk yg akan dijual.
  • Segmentasi pasar : proses kegiatan membagi pasar ke dalam gerombolan -gerombolan konsumen yg akn dilayani oleh perusahaan.
  • Promosi terpadu : usaha  memperkenalkan produk baik itu melalui periklanan, kenaikan pangkat penjualan, publisitas & penjualan secara eksklusif

3. Manajemen keuangan

Tugas manajemen keuangan anatara lain:
  • Menggunakan dana secara efisien & efektif
  • Memanfaatkan peluang buat memperoleh dana
  • Mengalokasikan dana.

4. Manajemen personalia

Adalah bagian berdasarkan pemasaran yang memfokuskan perhatian terhadap produksi energi kerja dalam suatu organisasi.

5. Manajemen Administrasi

Manajemen administrasi  ini bertugas buat menaruh informasi layanan pada bidang administrasi dalam melaksanakan aktivitas secara efektif dan memberi impak kelancaran pada bidang lainnya.

Link materi krusial yg berkaitan dengan manajemen


Dibawah ini masih ada beberapa link artikel yang relevan menggunakan manajemen, silahkan dibaca dan dipahami isi materi didalamnya:

Kesimpulan


Dalam ulasan materi tentang manajemen diatas telah dijelaskan secara lengkap mengenai apa itu manajemen, pengertian manajemen menurut para pakar, fungsi manajemen, tujuan manajemen, unsur-unsur manajemen, prinsip-prinsip manajemen, jenis-jenis manajemen dan contoh manajemen.

Setelah mengetahui pembagian terstruktur mengenai dari uraian diatas, bisa disimpulkan bahwa pentingnya manajemen pengelolaan pada kehidupan sehari-hari baik pada bidang usaha maupun manajemen personal. 

Semoga artikel mengenai manajemen ini bermanfaat. Salam!

ads/responsive.txt

ads/responsive.txt