Pengertian Integritas: Arti Fungsi Tujuan Manfaat dan Contohnya - DiknasPedia

ads/responsive.txt

ads/responsive.txt
Integritas - Materi pembahasan yg akan diulas dalam bagian ini merupakan berkaitan dengan pengertian integritas, arti integritas, fungsi integritas, tujuan dari integritas & dilengkapi dengan model-model yang berkaitan menggunakan integritas pada kehidupan sehari-hari.
Pengertian Integritas: Arti, Fungsi, Tujuan, Manfaat dan Contohnya

Pengertian Integritas


Apa itu integritas? Integritas adalah suatu kepribadian dalam diri seseorang yg terlihat menurut perilaku dan tindakan sehari-hari. Integritas menerangkan konsistensi antara ucapan dan keyakinan yg tercermin dalam perbuatan sehari-hari.

Arti integritas menurut bahasa adalah kualitas kejujuran & prinsip moral yang inheren dalam diri seorang yang dilakukan secara konsisten dalam kehidupannya secara menyeluruh.

Sedangkan dari KBBI, arti integritas berarti mutu, sifat, atau keadaan yg menampakan kesatuan yang utuh sehingga mempunyai potensi & kemampuan yg memancarkan kewibawaan & kejujuran.

Kata “integritas” asal dari Bahasa Latin, yaitu “integer” yg mengandung arti amanah dan bonafide, memiliki komitmen, bertanggung jawab, menepati ucapannya, setia, menghargai saat, mempunyai prinsip dan nilai-nilai hayati.

Ciri-Ciri Integritas


Pengertian Integritas: Arti, Fungsi, Tujuan, Manfaat dan Contohnya

Seseorang yang mempunyai integritas tinggi bisa dilihat menurut ciri atau karakteristik-ciri seperti berikut adalah:
  1. Selalu menepati janji
  2. Selalu komitmen & bertanggung jawab
  3. Selalu jujur & terbuka
  4. Selalu menghargai ketika
  5. Selalu menjaga prinsip dan nilai-nilai yg diyakini
  6. Dan lain sebagainya

Fungsi Integritas


Untuk tahu tentang apa fungsi menurut integritas, secara umum fungsi integritas terbagi menjadi dua, antara lain yaitu:

1. Cognitive Functions of Integrity (Fungsi Kognitif Integritas)

Fungsi kognitif integritas termasuk dalam kecerdasan moral dan wawasan diri (self insight). Dan wawasan diri itu meliputi pengetahuan diri dan refleksi diri.


Maknanya adalah fungsi kognitif integritas berguna buat memelihara moral seorang dan mendorong orang tadi buat mempunyai pengetahuan yang lebih luas.

2. Affective Functions of Integrity (Fungsi Afektif Integritas)

Fungsi afektif ini meliputi hati nurani & harga diri. Sehingga fungsi afektif integritas sanggup dikatakan bisa berguna buat mejaga hati nurani insan agar permanen mempunyai ‘hati’ dan perasaan menjadi insan.

Tujuan Integritas


Seseorang yg mempunyai integritas tinggi tentu mempunyai gol atau tujuan yg kentara, diantaranya:
  • Integritas adalah jembatan buat meraih keberhasilan atau kesuksesan.
  • Dengan integritas, manusia bisa buat memimpin & dipimpin.
  • Integritas yang tinggi akan melahirkan sebuah kepercayaan .
  • Integritas bisa mewujutkan virtual dan prestasi.

Manfaat Integritas


Dari penjelasan tujuan yg telah disebutkan diatas  disebutkan bahwa terdapat dua fungsi integritas, yaitu fungsi kognitif dan afektif. Lalu, apa manfaat integritas bagi seorang?

Manfaat secara fisik 


Seseorang yang memiliki integritas cenderung merasakan manfaat dalam fisiknya. Misalnya merasa lebih sehat & bugar dalam melakukan kegiatannya.

Manfaat secara intelektual


Seseorang yang berintegritas biasanya lebih mampu mengoptimalkan kemampuannya ketimbang orang yang munafik.

Manfaat secara emosional


Seseorang yg memiliki integritas umumnya mempunyai motivasi, sadar diri, solidaritas tinggi, empati, simpati, & emosi yang stabil.

Manfaat secara spiritual


Secara spiritual, integritas sanggup membuahkan langsung yg lebih bijaksana pada mengartikan segala persoalah hayati, termasuk pengalaman-pengalaman hidup, baik yg menyenangkan juga yg tidak menyenangkan. Contohnya seperti keberhasilan, kegagalan dan penderitaan.

Manfaat secara sosial


Integritas dalam diri seseorang membuatnya lebih mudah pada menjalin interaksi baik menggunakan orang lain & & gampang dalam berafiliasi pada rakyat.

Contoh Sikap Berdasarkan Nilai Integritas


Sifat seorang yg mempunyai integritas yg baik bisa ditinjau berdasarkan norma sehari-hari. Perwujudan integritas ini bisa anda lakukan menggunakan banyak sekali macam cara, galat satunya dengan berperilaku amanah, bertanggung jawab dan bonafide serta konsisten.Dengan berperilaku jujur, memegang teguh prinsip-prinsip kebenaran, etika, dan moral, dan berbuat sesuai dengan perkataan maka individu tadi mampu diklaim bertanggung jawab serta memiliki integritas. Hal seperti ini relatif buat sebagai kapital supaya mendapat kepercayaan menurut orang lain.

Dan tidak kalah penting merupakan kekonsistenan dalam menerapkan perilaku jujur & bertanggung jawab, sehingga integritas nir lagi dipertanyakan.

Dalam tataran kolektif, nilai integritas dapat memandu warga buat terus berkomitmen dalam tugasnya dan membuat warga menjadi eksklusif yang bisa diandalkan & dianggap.

Sementara pada tataran negara, integritas dapat mendorong aparatur pemerintahan buat bekerja secara lebih profesional, transparan, jujur, bisa diandalkan, & terpercaya.

Dengan demikian, nilai integritas penyelenggara negara akan sangat berpengaruh terhadap kepercayaan publik terhadap kinerja yg telah dilakukannya.

Rekomendasi Bacaan Lain yg Bermanfaat


Selain materi tentang pengertian integritas diatas, materi tentang pengertian plagiat dibawah ini pula wajib buat anda baca.


Kesimpulan


Dari penerangan diatas dapat disimpulkan bahwa integritas memiliki peran penting dalam setiap individu supaya tercipta moral yang baik. Sifat-sifat seperti ini dapat mendorong masyarakat buat menjadi pribadi yg lebih baik. Integritas yg baik bisa memicu kinerja seseorang baik dalam tataran kolektif juga pada tataran sosial.

Demikianlah penjelasan lengkap tentang pengertian integritas, arti integritas, fungsi integritas, tujuan berdasarkan integritas & dilengkapi menggunakan model-contohnya. Semoga artikel ini berguna bagi pembaca. Salam!

ads/responsive.txt

ads/responsive.txt