Pengertian KAS: Definisi Fungsi Karakteristik Jenis-Jenis dan Manajemen Pengelolaan Kas - DiknasPedia

ads/responsive.txt

ads/responsive.txt
Pengertian Kas pada Dunia Akutansi - Materi pembahasan yang akan diulas pada bagian ini merupakan berkaitan menggunakan akutansi, beberapa diantaranya mencakup pengertian kas, definisi, fungsi, karakteristik, jenis-jenis kas dan manajemen pengelolaan kas dalam dunia akutansi.
Pengertian KAS: Definisi, Fungsi, Karakteristik, Jenis-Jenis dan Manajemen Pengelolaan Kas

Pengertian KAS Adalah


Apa yang dimaksud dengan KAS (Cash)? Secara umum, Pengertian Kas atau Cash merupakan aktiva lancar yang mencakup uang kertas atau uang logam, wesel, cek, dan benda-benda lain yang bisa dipakai sebagai indera tukar & indera pembayaran yang sah & dapat diambil setiap ketika.

Sedangkan dalam bidang akuntansi, definisi kas merupakan harta kekayaan milik perusahaan yg sifatnya sangat likuid & berjangka pendek yang dapat dipergunakan menggunakan bebas buat aktivitas operasional perusahaan. Dengan kata lain kas pula adalah sebutan buat account (rekening) yang sifatnya paling lancar dalam kelompok asset (aktiva) sehingga pos ini umumnya ditempatkan pada urutan teratas menurut aset.

Pengertian KAS Menurut Para Ahli


Untuk lebih jelas lagi pada memahami arti KAS pada akuntansi, berikut ini ada beberapa pendapat para ahli & ahli akutansi yang menjelaskan secara lebih jelasnya apa itu KAS:

1. Ikatan Akuntansi Indonesia (2007:21)

Menurut pendapat Ikatan Akuntansi Indonesia, pengetian kas merupakan mata uang kertas dan logam baik rupiah maupun valuta asing yg masih berlaku sebagai indera tukar atau alat pembayaran yang absah, termasuk jua mata uang rupiah yg ditarik menurut sirkulasi & masih pada masa tenggang buat penukarannya ke Bank Indonesia.

2. Rizal Effendi (2013:191)

Menurut pendapat Rizal Effendi, definisi kas adalah segala sesuatu (baik dalam berbentuk uang atau bukan) yang bisa dipakai menjadi alat pembayaran atau indera pelunasan kewajiban(utang).

tiga. Munawir (1983:14)

Munawir mendefinisikan bahwa arti kas merupakan uang tunai yg bisa dipakai buat membiayai operasi perusahaan, termasuk pada pengertian kas merupakan cek yang diterima menurut pelanggan dan simpanan perusahaan pada bank pada bentuk giro juga demand deposit yakni berupa simpanan di bank yang dapat diambil pulang “menggunakan memakai cek atau bilyet”.

4. Dwi Martani (2012:180)

Menurut Dwi Martani, pengertian kas didefinisikan menjadi aset keuangan yg paling likuid yang dapat digunakan buat kegiatan operasional perusahaan dan membayar kewajiban perusahaan.

5. Gito Sudarmo, dkk (1995:61)

Menurut Gito Sudarmo, Kas didefinisikan menjadi nilai uang kontan yg ada pada perusahaan beserta pos-pos lain dalam jangka waktu dekat bisa diuangkan sebagai indera pembayaran kebutuhan finansial dan mempunyai sifat paling tinggi tingkat likuiditasnya. Jadi kas adalah aktiva yang paling lancar atau yg paling likuid sebagai indera pertikaran yang digunakan buat operasional perusahaan yg gampang diselenggarakan

Fungsi dan Tujuan Kas Dalam Perusahaan

Pengertian KAS: Definisi, Fungsi, Karakteristik, Jenis-Jenis dan Manajemen Pengelolaan Kas

Apa fungsi kas bagi perusahaan ? Apa tujuan kas dalam suatu perusahaan ? Menurut John Maynard Keynes, fungsi kas dalam suatu perusahaan adalah menjadi berikut :
  • Kas dipakai buat berjaga-jaga (untuk mengantisipasi genre kas masuk & keluar yang nir kontinyu & sulit diperkirakan).
  • Kas dipakai buat kebutuhan transaksi (dibutuhkan dalam pelaksanaan operasi usaha perusahaan).
  • Kas sanggup pula digunakan buat kebutuhan berspekulasi.

Dengan kata lain, fungsi kas dalam sebuah perusahaan adalah untuk membiayai operasional perusahaan sehari-hari (dalam bentuk kapital kerja) maupun pembelian aktiva tetap, memiliki sifat kontinyu (buat pembelian bahan standar, membayar upah dan gaji, membayar supplies kantor habis gunakan, dll) dan tidak kontinyu (buat pembayaran deviden, pajak, angsuran hutang, & lain sebagainya).

Sifat atau Karakteristik Kas

Pengertian KAS: Definisi, Fungsi, Karakteristik, Jenis-Jenis dan Manajemen Pengelolaan Kas

Kas memiliki 2 karakteristik umum, yaitu sebagai berikut:

1. Kas aktif namun tidak produktif. 

Agar memperoleh rentabilitas, kas nir boleh membisu/menganggur. Supaya kas ini mempunyai manfaat atau memperoleh pendapatan, maka kas harus diubah terlebih dahulu bentuknya menjadi suatu persediaan atau piutang dsb. Namun nir juga dibolehkan merubah saldo kas seutuhnya karena perusahaan akan sulit beroperasi lantaran kekurangan dana  kas yang memadai.

2. Kas nir memiliki identitas kepemilikan.

Lantaran tidak memiliki identitas kepemilikan, sehingga kas akan menggunakan gampang dipindah tangankan. Kondisi ini mengharuskan manajemen yakin bahwa:
  • Setiap pengeluaran kas wajib sesuai menggunakan tujuan.Semua uang yang seharusnya diterima, harus benar-sahih diterima.Tidak terdapat penyalahgunaan terhadap uang milik perusahaan.
  • Agar suatu indera pembayaran mampu dikategorikan sebagai kas, maka ada kriteria yg harus dipenuhi diantaranya sebagai berikut:
  • Diakui sang umum dan dapat digunakan menjadi indera pembayaran atau indera tukar pada aneka macam transaksi.Diterima rakyat sebagai alatpembayaran sebanyak nilai nominalnya

Jenis-Jenis Kas


Dalam sebuah perusahaan, jenis-jenis kas bisa dibagi sebagai beberapa gerombolan sinkron menggunakan fungsi dan kebutuhanya. Berikut ini merupakan model jenis-jenis kas di dalam perusahaan:

1. Kas Kecil (Petty Cash)

Kas Kecil adalah kas pada bentuk uang tunai yang disiapkan sang perusahaan buat membayar banyak sekali pengeluaran yg nilainya nisbi kecil dan tidak ekonomis apabila membayarnya dengan cek.

dua. Kas Besar

Kas besar adalah kas dalam bentuk uang yang disimpan sang perusahaan di rekening Bank eksklusif yang jumlahnya nisbi akbar. Kas akbar ini selalu herbi rekening koran perusahaan di Bank tadi.

tiga. Kas Return

Kas retur adalah kas yg digunakan buat membayar retur barang dagangan berdasarkan konsumen yang bersifat mini , supaya tidak mengganggu kegiatan oprasional perusahaan.

4. Kas Perjalanan

Kas Perjalanan adalah kas yang masih belum masuk ke kas besar & akan sebagai penerimaan bagi perusahaan, umumnya terjadi akibat transfer, kliring juga warkat lain.

lima. Pelaporan Kas

Pelaporan kas bisa dilakukan secara eksklusif. Namun, dalam pelaksanaanya dapat terjadi beberapa perkara, antara lain:
  • Cash zequivalents - Cash equivalents atau biasa disebut setara kas merupakan gerombolan aset perusahaan yang mempunyai maturity kurang dari tiga bulan. Setara kas ini akan sangat bermanfaat buat digunakan dalam saat kondisi ekonomi yg sedang susah, tidak stabil. 
  • Restricted Cash - Restricted cash merupakan kas yang sengaja disisihkan buat membayar kewajiban di masa depan menggunakan jumlah relatif signifikan. 
  • Bank Overdrafts - Bank overdrafts adalah suatu insiden pada mana perusahaan mengeluarkan cek yang nilainya lebih besar berdasarkan saldo yang terdapat di bank. 

Manajemen Pengelolaan Kas

Pengertian KAS: Definisi, Fungsi, Karakteristik, Jenis-Jenis dan Manajemen Pengelolaan Kas

Agar tujuan perusahaan tercapai, manajemen pengelolaan kas harus dikelola dengan baik. Starategi yang wajib dilakukan sang perusahaan pada mengelola kas diantaranya sebagai berikut:
  • Membayar utang dagang selambat mungkin asal jangan hingga mengurangi agama pihak supplier kepada perusahaan tetapi memanfaatkan setiap rabat tunai yg menguntungkan bagi perusahaan.
  • Mengatur perputaran persediaan secepat mungkin, akan namun hindari risiko kehabisan persediaan yang justru bisa menyebabkan kerugian bagi perusahaan dalam masa-masa yang akan tiba.
  • Kumpulkan piutang secepat mungkin tetapi jangan sampai mengakibatkan kemungkinan menurunnya volume penjualan pada msa yang akan tiba lantaran ketatnya kebijakansanaan-kebijaksanaan dalam penjualan kredit dan pengumpulan piutang.

Kesimpulan


Setiap perusahaan perlu mempunyai manajemen kas yang baik supaya eksistensi perusahaan permanen terjaga. Jangan sampai lantaran pengelolaan uang kas yang asal-asalan bisa menyebabkan defisit bagi perusahaan.

Demikianlah uraian lengkap pembahasan materi akutansi seputar pengertian KAS, definisi, fungsi, karakteristik, jenis-jenis kas & manajemen pengelolaan kas. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam!

ads/responsive.txt

ads/responsive.txt