Pengertian Manajemen Administrasi Perkantoran: Definisi Fungsi Tujuan Tugas dan Karakteristiknya - DiknasPedia

ads/responsive.txt

ads/responsive.txt
Pengertian Manajemen Administrasi Perkantoran - Bahasan materi manajemen pada bagian ini akan dijelaskan secara lengkap tentang apa itu manajemen administrasi perkantoran, antara lain mencakup: pengertian manajemen administrasi perkantoran, definisi, fungsi manajemen administrasi perkantoran, tujuan manajemen administrasi perkantoran, tugas-tugas manajemen administrasi perkantoran, ruang lingkup manajemen administrasi perkantoran, aspek-aspek manajemen perkantoran, ciri manajemen administrasi perkantoran & contoh-model manajemen administrasi perkantoran.
Pengertian Manajemen Administrasi Perkantoran: Definisi, Fungsi, Tujuan, Tugas, dan Karakteristiknya

Pengertian Manajemen Administrasi Perkantoran


Apa yang dimaksud menggunakan Manajemen Administrasi Perkantoran? Secara umum, pengertian manajemen administrasi perkantoran merupakan suatu rangkaian tindakan pengelolaan data dan liputan dalam merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengawasi & mengendalikan hingga menyelenggarakan menggunakan tertip dalam pekerjaan administrasi perkantoran buat mampu menunjang dalam tercapainya tujuan organisasi tadi secara sistematik.

Secara garis besarnya, manajemen perkantoran adalah suatu rangkaian aktivitas rutin dalam merencanakan, mengorganisasi (mengatur & menyusun), mengarahkan (menaruh arahan & petunjuk), mengawasi dan mengendalikan (melakukan kontrol) hingga menyelenggarakan suatu kegiatan secara rutin & tertip.

Pengertian Manajemen Administrasi Perkantoran Menurut Para Ahli


Pengertian Manajemen Administrasi Perkantoran: Definisi, Fungsi, Tujuan, Tugas, dan Karakteristiknya

Agar anda lebih memahami definisi Manajemen Administrasi Perkantoran berdasarkan sudut pandang yg tidak sama, pendapat para pakar dibidang manajemen ini sanggup anda jadikan sebagai acum. Berikut beberapa pengertian manajemen administrasi perkantoran berdasarkan pandapat para pakar:

Institute of Administrative Management (1990)

Sebuah Institute of Administrative management berkata bahwa manajemen perkantoran merupakan keliru satu cabang ilmu manajemen yang memiliki fokus terhadap layanan buat memperoleh, mencatat dan menganalisis segala keterangan baik itu buat merencanakan juga mengkomunikasikannya yang bermanfaat pada mengamankan suatu aset organisasi dan mempromosikan layanan administrasi secara mandiri pada mencapai tujuan organisasi.

Arthur Granger (1958)

Arthur Grager, yang adalah pakar dalam ilmu administrasi beropini bahwa administrasi perkantoran mempunyai fungsi pada rapikan penyelenggaraan terhadap pelayanan & komunikasi warkat dari sebuah organisasi.

Dra. Suparjati

Menurut Dra. Suparjati, definisi administrasi perkantoran adalah suatu proses kolaborasi pada dalam kantor untuk mencapai tujuan kantor yg sudah ditetapkan sebelumnya menggunakan melaksanakan fungsi-fungsi manajemen.

George Robert Terry (1966)

George Robert Terry yang adalah Profesor Bisnis pada Ball State University mendefinisikan administrasi perkantoran menjadi suatu perencanaan, pengendalian dan pengorganisasian pekerjaan pada lingkup perkantoran serta menjadi penggerak bagi mereka yg menjalankannya agar tujuan yg ditetapkan sanggup terlaksana.

Kallaus & Keeling

Menurut pendapat Kallaus & Keeling, Administrative office is the process of rencana, organizing adn controlling all the information related activities and of leading or directing people to attain teh objective of the organization

Fungsi Manajemen Administrasi Perkantoran


Pengertian Manajemen Administrasi Perkantoran: Definisi, Fungsi, Tujuan, Tugas, dan Karakteristiknya

Fungsi utama dari Manajemen Administrasi Perkantoran ini yaitu buat memberikan berita layanan bidang administrasi yg diharapkan buat melaksanakan suatu aktivitas secara efektif & esisien, sehingga bisa memberi dampak kelancaran dalam bidang lainnya yang mencakup ruang lingkup perusahaan.

Secara generik masih ada 5 fungsi manajemen administrasi perkantoran pada kaitanya dengan operasional suatu organisasi. Dari ke- 5 fungsi administrasi perkantoran tersebut, berikut merupakan uraiannya:

  1. Fungsi Rutin - Fungsi ini adalah fungsi administrasi yg memerlukan pemikiran minimal meliputi pengarsipan & penggandaan.
  2. Fungsi Teknis - Fungsi ini adalah fungsi administrasi yang memerlukan pendapat, keputusan, serta keterampilan perkantoran yg mumpuni.
  3. Fungsi Analis - Fungsi ini adalah fungsi administrasi yg memerlukan cara berpikir kritis dan kreatif serta kemampuan tetapkan sesuatu dengan cepat dan sempurna.
  4. Fungsi Interpersonal - Fungsi ini adalah fungsi administrasi yang memerlukan analisis dan evaluasi menjadi dasar dalam menetapkan sesuatu serta keterampilan pada berkomunikasi dengan orang lain.
  5. Fungsi Manajerial - Fungsi ini adalah fungsi administrasi yg memerlukan perencanaan, pengorganisasian, pengukuran, menaruh motivasi.

Tujuan Manajemen Administrasi Perkantoran


Pengertian Manajemen Administrasi Perkantoran: Definisi, Fungsi, Tujuan, Tugas, dan Karakteristiknya

Berdasarkan dalam pengertian manajemen administrasi perkantoran yg telah disebutkan di atas, tujuan primer menurut dibentuknya manajemen administrasi perkantoran adalah agar tujuan sebuah perusahaan bisa tercapai secara efektif dan efisien serta memenuhi syarat dari sisi teknis, ekonomi, dan psikologis.

Menurut George Robert Terry pada bukunya yg berjudul "Office Management and Control", menyebutkan bahwa tujuan menurut manajemen administrasi perkantoran adalah seperti berikut:
  1. Memberikan semua kabar selengkap-lengkapnya & dibutuhkan siapa, kapan dan pada mana hal itu dibutuhkan buat pelaksanaan perusahaan secara efisien.
  2. Memberikan catatan & laporan yg cukup dengan porto serendah-rendahnya.
  3. Membantu perusahaan memelihara persaingan.
  4. Memberikan pekerjaan ketatausahaan yg cermat
  5. Membuat catatan menggunakan biaya minimal

Aspek-Aspek Manajemen Perkantoran


Dalam manajemen perkantoran masih ada beberapa aspek tujuan yg meliputi rangkaian aktivitas diantaranya:
  1. Manajemen & pengarahan
  2. Tata laksana/penyelenggaraan
  3. Pelaksana secara efisien
  4. Manajemen
  5. Pengawasan
  6. Pengendalian & pengawasan
  7. Pengarahan dan supervisi
  8. Pengarahan
  9. Perencanaan, pengendalian & pengorganisasian

    Faktor-faktor manajemen perkantoran dari Edwin Robinson bisa dikelompokkan menjadi 4 bagian, yaitu :
    1. Pegawai
    2. Material perlengkapan
    3. Persayaratan
    4. Metode

      Adapun fungsi-fungsi yang terkait dengan administrasi berdasarkan H.Mac Donald (office management) biasa dikaitkan menggunakan 6 hal utama, yaitu :
      1. Office personel (kepegawaian perkantoran)
      2. Office methods (metode perkantoran)
      3. Office equipment (perlengkapan perkantoran)
      4. Physical factor (faktor-faktor fisik dalam tempat kerja)
      5. Office costs (biaya perkantoran)
      6. Office policies (haluan atau kebijakan perkantoran)

        Sedangkan pada cakupan bidang kerja manajemen perkantoran, berdasarkan Charles O Libbey mencakup :
        • Office space (ruang perkantoran)
        • Communications (komunikasi)
        • Office personnel (kepegawaian tempat kerja)
        • Furniture and equipment (perabotan danperlengkapan kantor)
        • Appliance and machine (alat-alat dan mesin)
        • Supplies and stationery (perbekalan dan indera tulis)
        • Methods (metode)
        • Records (tata warkat)
        • Executive controls (kontrol pejabat pimpinan)

        Karakteristik Administrasi Perkantoran 


        Pengertian Manajemen Administrasi Perkantoran: Definisi, Fungsi, Tujuan, Tugas, dan Karakteristiknya

        Administrasi perkantoran adalah suatu rangkaian kegiatan berupa merencanakan, mengorganisasi (mengatur dan menyusun), mengarahkan, mengawasi, melakukan control, dan menyelenggarakan secara tertib berbagai pekerjaan tempat kerja atau pekerjaan ketatausahaan. Untuk lebih tahu apa saja karakteristik administrasi perkantoran, berikut akan dijelaskan tentang karakteristik/ciri-ciri administrasi perkantoran secara lengkap:

        a) Bersifat pelayanan (Service)

        Atau mampu diartikan bahwa pekerjaan tempat kerja umumnya merupakan bagian menurut pelayanan dan support buat kegiatan organisasi.

        b) Merembes dan dilaksanakan oleh semua pihak 

        Hal ini bermakna bahwa pekerjaan tempat kerja berdampak dalam unit-unit lain yang selalu hadir & dilaksankan disetiap organisasi.

        c) Hasil akhirnya berupa fakta 

        Informasi berupa informasi-liputan yg berisi data valid yang bonafide pada kepentingan pihak eksklusif. Adapun pihak-pihak yang memiliki kepentingan terhadap kabar yang berada di kantor lain yaitu; pimpinan, pemegang saham, pemerintah, rakyat, & karyawan organisasi dsb.

        d) Bersifat memudahkan 

        Pekerjaan kantor manjadi alat katalisator yg mempunyai bermacam-macam kegiatan menurut setiap perusahaan dipersatukan.

        e) Bersifat pengetikan & penghitungan

        Susunan perkerjaan tempat kerja lebih banyak yang terdiri menurut pekerjaan mengetik  

        f) Dilakukan sang seluruh pihak

        Pekerjaan tempat kerja nir hanya dikerjakan sang satu bagian saja, melainkan dikerjakan dalam tiap bagian dalam perusahaan.

        Tugas Pokok Administrasi Perkantoran

        Pengertian Manajemen Administrasi Perkantoran: Definisi, Fungsi, Tujuan, Tugas, dan Karakteristiknya

        Secara garis akbar, tugas pokok berdasarkan administrasi perkantoran ini mencakup; menciptakan entri data perusahaan, menerima panggilan telephone, melakukan file data, membuat rencana kantor, mengusut pesanan, dsb.

        Menurut Millis Geoffrey tugas utama administrasi perkantoran adalah:
        • Duplicating (menggandakan)
        • Mailing (mengirim surat)
        • Typing (mengetik)
        • Calculating (menghitung)
        • filing (menyimpan warkat/file)
        • Telephoning (menelepon)
        • Checking (mengusut)
        • & kegiatan lain.

        Tugas Administrasi Perkantoran ini sangat krusial, itu ialah eksistensi administrator pada tempat kerja pula sangat penting. Keahlian dibidang administrasi sangat diperlukan untuk melakukan pekerjaan ini.

        Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran

        Pengertian Manajemen Administrasi Perkantoran: Definisi, Fungsi, Tujuan, Tugas, dan Karakteristiknya
        Secara teknis, ruang lingkup dari suatu perkantoran yg mempunyai peranan penting pada pelayanan terhadap aplikasi pekerjaan operatif, penyediaan informasi bagi pimpinan dan jua membantu pada kelancaran perkembangan organisasi. 

        Berikut ini adalah Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran selengkapnya:

        1. Aktivitas Kantor


        Beberapa kegiatan tempat kerja yang termasuk pada ruang lingkup administrasi perkantoran antara lain:

        Perencanaan Perkantoran (office planning)

        Perencanaan perkantoran ini mencakup; perencanaan gedung, rapikan ruang tempat kerja, penjelasan/cahaya, jendela, perlengkapan alat-alat & perabotan tempat kerja, metode-metode & standarisasi pekerjaan kantor, aturan (budgeting) perkantoran, baku kualitas kerja, sistem berita & telekomunikasi.

        Pengorganisasian Perkantoran (office organizing)

        Pengorganisasian Perkantoran ini mencakup; pembagian tugas dan pekerjaan supaya lebih efisien dalam organisasi/perusahaan, pemeliharaan interaksi kerja yg baik dengan atasan ataupun bawahan, penyediaan peralatan/perlengkapan yang sempurna, sesuai menggunakan jenis pekerjaan buat memudahkan karyawan pada melakukan pekerjaan.

        Pengarahan Perkantoran (office actuating)

        Pengarahan Perkantoran ini mencakup; penggunaan teknik yang efektif dalam melakukan supervisi terhadap bawahan, penggunaan teknik yg efektif dalam memberikan motivasi terhadap bawahan, hadiah bantuan pada karyawan pada memecahkan kasus waktu karyawan menghadapi kesulitan dalam pekerjaan, penyatuan visi, misi karyawan & organisasi, perancangan cara komunikasi yg efektif menggunakan karyawan, supaya komunikasi antara atasan dengan bawahan bisa berjalan lancar, & penggunaan tolak ukur yg adil pada memberikan gaji kepada karyawan.

        Pengawasan Perkantoran (office controlling) 

        Pengawasan Perkantoran ini meliputi; penggunaan alat-alat dan perabot tempat kerja, metode-metode dan standarisasi pekerjaan tempat kerja, kualitas pekerjaan kantor, pelayanan tempat kerja, waktu, dan biaya perkantoran

        dua. Sarana/ Fasilitas Kerja Perkantoran


        Beberapa sarana/ fasilitas yg termasuk di dalam ruang lingkup administrasi perkantoran adalah:

        Lokasi tempat kerja

        Faktor yang perlu diperhatikan dalam menentukan lokasi tempat kerja; faktor keamanan, faktor lingkungan, dan pula faktor harga.

        Gedung

        Faktor yang perlu diperhatikan; menjamin keamanan dan kesehatan karyawan, mempunyai fasilitas yg memadai, dan harga gedung yg kompetitif (seimbang dengan biaya & laba)

        Peralatan

        Perabotan kantor (office furniture): meja, kursi, rak, laci-laci, dll
        Perbekalan kantor (office supplies): kertas, pena, tinta printer, penghapus dan peralatan habis pakai lainnya

        Interior

        Adalah tatanan perabot/perangkat kantor yg menunjang pelaksanaan kerja dalam ruang tempat kerja, seperti penerangan, ventilasi, plafon, jendela, dan hiasan tempat kerja

        Mesin-Mesin Kantor

        Disesuaikan menggunakan prosedur kerja, metode kerja & kebutuhan tempat kerja.

        Link artikel krusial yg berkaitan dengan manajemen administrasi perkantoran


        Dibawah ini masih ada beberapa link materi yg relevan dengan manajemen administrasi perkantoran, silahkan dibaca & dipahami isi materi didalamnya:


        Kesimpulan


        Berdasarkan pengertian manajemen administrasi perkantoran diatas dapat disimpulkan bahwa manajemen perkantoran merupakan aktifitas krusial  dalam mengelola data dan warta kantor buat merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, serta mengawasi kinerja menurut perkantoran agar mencapai tujuan dan target yang dituju.

        Dengan demikian, administrasi perkantoran sangat dibutuhkan baik oleh instansi maupun perusahaan agar semua kegiatan dapat berjalan dengan baik.

        KONSEP DASAR ADMINISTRASI PERKANTORAN

        Video SMK : Administrasi Perkantoran - Administrasi Umum

        Cara Membuat SOP (Standard Operation Procedure) Karyawan

        ads/responsive.txt

        ads/responsive.txt