Pengertian Plagiat Adalah: Definisi Ciri-Ciri dan Contohnya - DiknasPedia

ads/responsive.txt

ads/responsive.txt
Apa Itu Plagiat? Plagiat adalah kegiatan pidana yang melanggar aturan karena mencuri karya dan copyright milik orang lain. Oleh karena itu, artikel ini akan menyebutkan secara lebih jelasnya yg berkaitan dengan pengertian plagiat, definisi, karakteristik-cirinya beserta model-contoh plagiat.
Pengertian Plagiat Adalah: Definisi, Ciri-Ciri dan Contohnya

Pengertian Plagiat 


Sebenarnya apa sih yang dimaksud menggunakan plagiat? Secara generik, pengertian plagiat atau plagiarisme merupakan perbuatan atau tindakan menjiplak dan merogoh output karya orang lain tanpa seizin produsen. Hasil jiplakan berupa karangan, pendapat, & sebagainya dari orang lain lalu seolah-olah diakui menjadi output karangan sendiri. Orang-orang yg melakukan plagiat ini umumnya diklaim menjadi plagiator.

Ada juga yg menjelaskan mengenai definisi plagiat adalah pengambilan karangan berupa pendapat dan sebagainya milik orang lain yang lalu dijadikan seolah-olah itu adalah karangan miliknya sendiri.

Pelaku plagiat atau plagiator dapat diancam menggunakan tindakan pidana karena mencuri hak cipta orang lain. Sedangkan dunia pendidikan, pelaku plagiarisme bisa dikenakan sangsi yg relatif berat bahkan sampai dimuntahkan dari sekolah/universitas.

Secara bahasa dalam Wikipedia, arti plagiat atau plagiarisme adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, & sebagainya menurut orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapatnya sendiri. Setiap karangan yg asli dipercaya sebagai hak milik si pengarang & nir boleh dicetak ulang tanpa biar yg memiliki hak atau penerbit karangan tadi.

Menurut KBBI, Plagiat adalah pengambilan karangan (pendapat & sebagainya) orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan sendiri, contohnya menerbitkan karya tulis orang lain atas nama dirinya sendiri; jiplakan.

Ciri Ciri Plagiat:

Pengertian Plagiat Adalah: Definisi, Ciri-Ciri dan Contohnya

Untuk mengetahui apakah karangan adalah output plagiarisme atau atau tidak bisa dibedakan melalui beberapa karakteristik-karakteristik misalnya ini dia:
  1. Mengakui goresan pena orang lain sebagai tulisan sendiri,
  2. Mengakui gagasan orang lain sebagai pemikiran sendiri
  3. Mengakui temuan orang lain menjadi kepunyaan sendiri
  4. Mengakui karya kelompok sebagai kepunyaan atau hasil sendiri,
  5. Menyajikan tulisan yg sama dalam kesempatan yg tidak selaras tanpa mengungkapkan berasal-usulnya
  6. Meringkas & memparafrasekan (mengutip tidak langsung) tanpa menjelaskan sumbernya, dan
  7. Meringkas dan memparafrasekan dengan menyebut sumbernya, namun rangkaian kalimat & pilihan ucapnya masih terlalu sama menggunakan sumbernya.Gambar

    Yang digolongkan sebagai plagiarisme:
    • Menggunakan goresan pena orang lain secara mentah, tanpa memberikan pertanda jelas (misalnya menggunakan memakai indikasi kutip atau blok alinea yang berbeda) bahwa teks tersebut diambil persis dari goresan pena lain
    • Mengambil gagasan orang lain tanpa memberikan anotasi yg cukup mengenai sumbernya

    Yang nir tergolong plagiarisme:
    • Menggunakan kabar yg berupa keterangan generik.
    • Menuliskan pulang (dengan mengganti kalimat atau parafrase) opini orang lain menggunakan menaruh asal jelas.
    • Mengutip secukupnya tulisan orang lain menggunakan memberikan tanda batas jelas bagian kutipan dan menuliskan sumbernya.

    Contoh-Contoh Kasus Plagiat

    Beberapa kasus plagiarisme pula pernah terjadi di Indonesia, bahkan ada beberapa tokoh terkenal sempat dikabarkan melakukan penjiplak. Berikut adalah model-contoh plagiat seperti yg dikutip dari tempo.Com.

    Chairil Anwar (1949)

      Penyair legendaris Chairil Anwar pernah dituduh menjiplak output karya tulis. Ia dituduh oleh Hans Bague Jassin melalui opini yang ditulis pada Mimbar Indonesia berjudul Karya Asli, Saduran, & Plagiat membahas puisi Kerawang-Bekasi. Kritikus sastra yg jua bergelar Paus Sastra Indonesia itu membandingkan puisi Chairil menggunakan The Dead Young Soldiers karya Archibald MacLeish, penyair dari Amerika Serikat.

      Yahya Muhaimin (1992)

        Ismet Fanany, pakar pendidikan dari Batusangkar, Sumatera Barat, yg bermukim di Amerika Serikat menerbitkan kitab tentang plagiat. Buku terbitan CV Haji Masagung Jakarta itu berjudul Plagiat-Plagiat. Isinya tentang plagiat Yahya Muhaimin. Disertasi Yahya dituduh menjiplak goresan pena beberapa pakar. The Politics of Client Businessmen, disertasi Yahya yang dipertahankan di MIT Cambridge, Amerika Serikat, 1982, dibandingkan menggunakan Capitalism and The Bureaucratic State in Indonesia: 1965-1975, judul asli tesis Robison pada Universitas Sydney 1977.

        Amir Santoso (1979)

          Ia dituduh membajak karya tulis ilmiah menurut berbagai kalangan, bahkan berdasarkan kalangan mahasiswanya sendiri. Amir jua mencaplok karya intelektual ahli lain. Apa yang dilakukan Amir Santoso itu dalam rangka mencapai gelar profesor (guru akbar Universitas Indonesia)

          Siti Fadilah Supari (2004)

            Menteri Kesehatan ini pernah dituduh melakukan plagiat. Ketika itu Fadilah menyajikan seminar berjudul Cholesterol-Lowering Effect of Soluble Fibre as an adjunct to Low Calories Indonesian Diet in Patients with Hypercholesterolamia di Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, Jakarta, 29 Oktober 2002. Apa yang beliau sajikan mirip menggunakan karya James W. Anderson berjudul Long-term Cholesterol Lowering Effect of Psyllium as An Adjunct to Diet Therapy in The Treatment of Hypercholesterolamia, yang dimuat di American Journal of Clinical Nutrition volume 71 tahun 2000.

            Undang-Undang Tentang Hak Cipta

            Hasil karya atau copyright secara umum dilindungi oleh aturan, sebagaimana tertuang dalam Pasal 1, UU angka 28 Tahun 2014 tentang hak cipta (UU HC). Secara lebih jelasnya tentang isi perundang-undangan Hak Cipta bisa anda Download UU Hak Cipta Disini.

            Kesimpulan

            Tindakan penjiplak secara etika sangat nir dibenarkan. Selain melanggar hukum, tindakan ini juga termasuk cara yang tidak bermoral lantaran mencuri output karya orang lain. 

            Demikianlah penjelasan lengkap mengenai pengertiplagiator, definisi, model & undang-undang yang berkaitan menggunakan copyright. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menjadi asal wangsit yg berguna.

            Referensi

            ads/responsive.txt

            ads/responsive.txt