Pengertian Referendum

ads/responsive.txt

ads/responsive.txt
Pengertian Referendum  Fakultatif, Konsultatif & Obligator. Referendum merupakan hak & kedaulatan bagi semua negara. Bahkan negara yg belum merdeka sekalipun mempunyai hak untuk melaksanakan referendum karena berkaitan dengan hak politik rakyat yg akan memilih masa depan warga itu sendiri. Hak untuk melaksanakan referendum diakui oleh hukum internasional.

Pengertian Referendum  Fakultatif, Konsultatif & Obligator


Referendum merupakan suatu langkah yang diambil sang pemerintah suatu negara buat hal yang sifatnya krusial. Hasil dari referendum umumnya akan dilaksanakan sang pemerintah. Akan tetapi, ada pula referendum dimana pemerintah menolak aplikasi referendum tadi. Sebagai contoh, warga Catalonia menginginkan referendum buat memerdekakan diri dari Spanyol. Hasil berdasarkan referendum tadi nir bisa dilaksanakan lantaran adanya penolakan dari pemerintah Spanyol.

Ada 3 jenis referendum yaitu referendum fakultatif, referendum obligator dan referendum konsultatif. Berikut ini merupakan penjelasan tentang jenis-jenis referendum yang dimaksudkan:

Referendum Fakultatif


Referendum Fakultatif adalah referendum yg dilaksanakan setelah suatu kebijakan atau undang-undang diberlakukan. Misalnya waktu sebuah undang-undang sudah diumumkan dan diberlakukan kemudian sejumlah orang terdapat yang menolak undang-undang tersebut & menginginkan diadakannya referendum. Hasil dari referendum ini akan memilih apakah undang-undang tadi akan permanen diberlakukan atau akan dihapus.

Referendum Konsultatif


Referendum konsultatif merupakan referendum yg bersifat teknis. Bahkan umumnya rakyat sendiri tidak paham mengenai materi perundang-undangan yang akan direferendumkan tersebut.

Referendum Obligator 


Referendum Obligator adalah referendum yg wajib disetujui terlebih dahulu sang warga sebelum output referendum misalnya undang-undang atau kebijakan bisa dilaksanakan. Contoh dari referendum obligator ini biasanya dilakukan terhadap duduk perkara yang menyangkut hak-hak warga misalnya penggabungan suatu negara menggunakan negara lain atau pemisahan diri menurut suatu negara.

Hasil dari referendum nir begitu saja dilaksanakan. Ada output referendum yang sifatnya mengikat dan ada jua yg sifatnya nir mengikat. Hasil referendum yang bersifat mengikat pemerintah harus melaksanakan hasil keputusan seutuhnya. Berbeda dengan output referendum yg sifatnya tidak mengikat dimana hasil referendum tidak dan merta wajib dilaksanakan melainkan sebagai galat satu bahan pertimbangan bagi pemerintah pada mengambil keputusan.

Referendum Adalah🤔

Biar Kekinian Kamu Harus Tahu 10 Istilah Dalam Dunia Politik Ini

Tak disangka !! SEJARAH OPM PAPUA TERNYATA BONEKA WARISAN PENJAJAH BELANDA

ads/responsive.txt

ads/responsive.txt