Properti Tari Jaipong yang Biasa Digunakan Saat Pertunjukan - DiknasPedia

ads/responsive.txt

ads/responsive.txt
Properti Tari Jaipong - Tari Jaipong adalah salah satu jenis tari-tarian tradisional orisinil Indonesia. Tari-tarian yang asal dari Jawa Barat ini disusun sedemikian rupa menggunakan diiringi oleh irama tertentu sebagai akibatnya menghasilkan gerakan yg indah sinkron irama musik pengiringnya. Seperti halnya tari-tarian tradisional yg lain, tari jaipong juga memerlukan properti sebagai penunjang saat pertunjukan. Lalu apa saja properti dalam tari Jaipong? Untuk itu ayo simak ulasan lengkapnya ini dia.
Properti dalam Tari Jaipong

Asal Usul Tari Jaipong


Tari jaipong merupakan salah satu jenis seni tari yang dari berdasarkan Jawa Barat atau lebih tepatnya berdasarkan daerah Karawang. Kesenian ini mulai terkenal sejak tahun 1976 dimana tarian ini menggabungkan antara beberapa seni tradisional yg ada di sunda, seperti pencak silat, topeng banjet, ketuk tilu, wayang golek dan lain-lain. Untuk instrument pengiringnya umumnya menggunakan gendang, gong, rebab, ketuk, kecrek, & baking vokal sinden.

Tarian ini tidak hanya terkenal di tanah Jawa, namun jua ke semua Indonesia. Gerakan yg goyang pinggul penuh semangat dari para penarinya, membuat tarian ini sangat menarik buat ditonton. Tarian ini kerap ditampilkan pada berbagai acara, misalnya festival budaya & penyambutan tamu akbar.

Properti Tari Jaipong


Properti tari merupakan keliru satu unsur yg hampir selalu ada di setiap jenis dan ragam tarian, termasuk pula pada jenis tarian Jaipongan. Properti tari merupakan seluruh indera yg dipakai menjadi media atau perlengkapan berdasarkan pementasan suatu tarian. Pada dasarnya, penggunaan properti tari ditujukan buat memberikan kesan estetika sekaligus sebagai media buat menyampaikan makna yg terkandung menurut suatu tarian. 

Nah, apabila kalian bertanya-tanya apa saja properti tari jaipong yg biasa digunakan waktu pertunjukan, berikut adalah adalah macam-macam properti tari Jaipong:

Sinjang

Properti Tari Jaipong
Sinjang Jaipong

Meskipun dalam waktu ini pakaian para penari jaipong sangat beragam & penuh dengan kreasi, namun pada awalnya selain terlihat mengenakan kain serupa menggunakan daster para penari juga mengenakan celana panjang, celana inilah yang kemudian disebut dengan sinjang.

Apok

Properti Tari Jaipong
Apok Jaipong

Lain halnya dengan sampur, apok merupakan sebutan lain berdasarkan baju atasan yang dikenakan oleh penari. Modelnya nir tidak sinkron jauh menggunakan kebaya, ampok pula mempunyai kancing layaknya baju yang dikenakan sehari-hari. Warna dan ornamen tidak begitu terlihat dengan jelas dalam kain apok ini, hanya beberapa hiasan bermotif bunga yang terlihat terbuat dari bordir yang ditempatkan pada beberapa sudut busana tari jaipong ini.

Sampur

Properti Tari Jaipong
Sampur Jaipong

Jika kalian pernah melihat pertunjukan tari jaipong niscaya kalian pernah melihat bentuk dari sampur ini. Bahan sampur terbuat berdasarkan kain panjang menyerupai selendang yang dikalungkan dalam leher para penari.

Selain menjadi keliru satu bagian pakaian, sampur pula termasuk properti utama para penari jaipongan. Hampir setiap gerakan, penari umumnya memainkan kain sampur yang menyerupai selendang ini. Kepiawaian para penari dalam memainkan gemulainya telapak tangan dan siku mengakibatkan keunikan gerakan yg mereka pertunjukan.

Diatas merupakan properti atau perlengkapan yang biasa dipakai waktu pentas tari Jaipong. Dari ketiga properti diatas, properti yang paling harus dikenakan merupakan sampur. Yuk bagikan sebanyak-banyaknya materi ini supaya orang lain pula bisa membacanya. Terima kasih & semoga bermanfaat.

ads/responsive.txt

ads/responsive.txt