Properti Tari Piring yang Perlu Disiapkan Saat Pentas - DiknasPedia

ads/responsive.txt

ads/responsive.txt
Properti Tari Piring - Setiap tari menggunakan properti yg digunakan oleh penarinya sebagai pendukung dari cerita tari yang akan diangkat, termasuk pula dalam kesenian tari piring.

Properti Tari Piring

Apa Itu Tari Piring?


Tari piring adalah keliru satu kesenian tari-tarian tradisional yang berasal menurut tanah Minangkabau, atau lebih tepatnya berasal berdasarkan kota Solok, provinsi Sumatra Barat. Dalam bahasa Minangkabau tarian ini sering disebut menggunakan Tari Piring atau tari piriang.

Keunikan berdasarkan tarian ini berbeda menggunakan tarian-tarian yg ada pada wilayah lain. Lantaran keunikan & keindahan dari Tari Piring ini menciptakan tarian piring sebagai sangat dikenal ke banyak sekali belahan global. Hal ini menciptakan nama Indonesia semakin dikenal pada kancah internasional.


Yang membedakan tarian ini dengan tarian lain merupakan properti yang dipakai, properti tari Piring sendiri terdiri menurut banyak macamnya & yg paling primer adalah piring. Properti properti ini sangat menunjang penampilan penari waktu naik pentas ke atas panggung. Lalu properti apa saja yang dipakai buat pentas seni tari piring spesial Minangkabau? Berikut adalah properti-properti yang biasa dipakai dalam pentas tari piring.

Jenis-Jenis Properti Tari Piring

Ada beberapa jenis properti yang biasa digunakan pada pertunjukan pentas tari piring, antara lain adalah:

A. Busana


Busana atau pakaian sebagai keliru satu penanda dari muasal tarian tersebut. Seperti sandang Minangkabau yang mempunyai karakteristik yg membedakan dengan pakaian adat yang lain. Adapun kostum yg sering digunakan sang para penari piring merupakan sebagai berikut:

1. Tengkuluk Tanduk

Properti Tari Piring
Tengkuluk tanduk

Tengkuluk tanduk merupakan properti yg digunakan di bagian atas kepala serta disusun dengan sedemikian rupa agar seperti misalnya tanduk kerbau. Umumnya kain yg digunakan merupakan kain Balapak. Dibagian ujung menurut Tengkuluk Tanduk terdapat hiasan. Properti ini hanya dipakai sang penari piring perempuan saja.

dua. Baju Kurung

Properti Tari Piring
Baju kurung

Baju kurung adalah sandang longgar yang adalah dasar kostum penari piring. Baju kurung memiliki warna bervariasi, pemilihan rona yg akan digunakan tergantung pada kebutuhan. Di bagian luar baju masih ada hiasan motif bunga yg terbuat dari benang rona emas. Bahan baju kurung terbuat berdasarkan satin atau beludru.

tiga. Kain Kodek

Properti Tari Piring
Kain Kodek

Kodek adalah kain yang dipakai buat menutup bagian bawah tubuh penari dan mempunyai bentuk mirip kain sarung. Kain Kodek memiliki motif hiasan warna keemasan. Umumnya kain kodek khusus dibentuk hanya untuk keperluan penari Piring. Warna emas merupakan simbol kebijaksanaan.

4. Sisamping

Properti Tari Piring
Sisamping

Properti tari yg dianggap Sisamping ini merupakan songket yang dipakai pada bagian atas pinggang sampai batas lutut penari dan digunakan di atas celana panjang. Sisamping digunakan oleh penari perempuan & laki-laki .

5. Saran Galembong

Properti Tari Piring
Saran galembong

Saran galembong adalah celana dengan bagian besar dibagian tengahnya yg apabila dipandang sepintas mirip rok.

6. Busana Rang Mudo

Properti Tari Piring
Busana Rang Mudo

Busana Rang Mudo merupakan nama berdasarkan sandang yg dipakai penari pria tari piring, Bagian lengan pakaian ini memiliki ukuran lebar dan mempunyai hiasan renda emas.

7. Deta

Properti Tari Piring

Deta adalah ikat ketua penari laki laki, memiliki bentuk segitiga serta dibentuk dari kain songket.

8. Selendang

Properti Tari Piring

Perlengkapan ini menjadi karakteristik busana yg dipakai oleh penari. Selendang digunakan melingkar dari atas bahu samapi ke bawah pinggang.

B. Perhiasan / Pernak-pernik Pendukung


Sebagai pelengkap kostum dalam pentas seni tari piring, pernak pernik atau hiasan pula dibutuhkan buat mempercantik tampilan ketika perform pada anjung hiburan. Beberapa pernak-pernik yang biasa dipakai dalam tari piring adalah menjadi berikut:

1. Kalung Gadang

Properti Tari Piring

Kalung gadang merupakan kalung menggunakan berukuran panjang sampai ke dada. Bongkahan bongkahan yg menghias kalung umumnya memiliki bentuk besar akbar.

2. Kalung Rumbai

Properti Tari piring

Kalung rumbai digunakan bila penari perempuan nir memakai kalung gadang. Bagian utama dari kalung ini adalah rumbai rumbai tergerai di bagian dada penari.

tiga. Subang

Properti Tari Piring

Subang merupakan Anting hias yg digunakan untuk menghiasi telinga penari menggunakan bentuk untaian yang mencolok.

4. Cincin


Cincin merupakan properti yang tidak boleh tertinggal. Cincin dipakai buat membuat suara “ting ting” ketika penari memainkankan piring. Bunyi yg dimainkan tidak asal-asalan melainkan mengikuti ketukan musik pengiring.

C. Piring atau Mangkuk


Piring menjadi properti primer buat mampu menyelenggarakan seni tari ini. Selain itu, gerakan-gerakan tarinya juga memakai piring sebagai objek primer. Piring yg digunakan adalah piring biasa. Terbuat dari bahan porselen ( keramik) & bukan yg terbuat menurut bahan kaca. Sedangkan mangkuk dipakai sebagai pengganti piring.

D. Alat Musik Pengiring


Sebagian orang menduga bahwa indera musik pengiring bukan merupakan pelengkap melainkan sebagai pengiring yg sifatnya fleksibel. Dikatakan demikian karena pada waktu ini nir semua pertunjukan tarian ini memakai indera musik pengiring melainkan menggunakan rekaman bunyi dari lagu-lagu atau musik yg sengaja diciptakan guna mendukung pertunjukan tari piring secara lebih sederhana. Tetapi demikian nir terdapat salahnya apabila kita juga mengenal aneka macam indera musik pengiring tari piring seperti Saluang, Sarunai, dan Bansi.

Nah, itulah beberapa properti tari piring yang tak jarang dipakai pada pertunjukan tarian spesial menurut Sumatera Barat ini. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kalian dalam penyiapkan perlengkapan pentas ya..

Tari Kipas Pakarena

You Bet Your Life: Secret Word - Tree / Milk / Spoon / Sky

ads/responsive.txt

ads/responsive.txt