Properti Tari Topeng yang Biasa Digunakan Untuk Pentas - DiknasPedia

ads/responsive.txt

ads/responsive.txt
Properti Tari Topeng - Tari Topeng adalah salah satu tarian tradisional asli Indonesia yang menggunakan topeng sebagai ciri khasnya. Jenis tarian ini adalah kumpulan antara seni tari & musik. Tari Topeng ini lebih bersifat teatrikal & komunikatif lewat gerakan.

Seperti pada seni tari yang lain, tarian ini juga memerlukan properti sebagai daya tarik & alat buat membicarakan pesan melalui tarian. Dalam hal ini properti Tari Topeng yg primer adalah topeng. Masing-masing tari topeng memiliki pakem ekspresi wajah topeng tersendiri. Ada yang mendeskripsikan sosok jenaka ada jua yang mendeskripsikan ekspresi sosok kesatria. 
Properti Tari Topeng
Properti Tari Topeng


Jenis-Jenis Properti Tari Topeng


Properti Tari Topeng termasuk  indera, busana & aksesories yg biasa digunakan oleh penari topeng dalam waktu pentas diatas anjung. Properti ini digunakan buat menghiasi seluruh tubuh penari, mulai menurut ketua sampai kaki. Berikut ini adalah beberapa perlengkapan properti dalam seni pertunjukan tari topeng yang biasa digunakan:

Topeng

Properti Tari Topeng
Topeng

Untuk seni tarian tradisional ini, topeng merupakan properti wajib dikenakan sang para penari. Jenis jenis topeng yg dikenakan pun mempunyai ekpresi & karakter yg bhineka sinkron menggunakan tema yg diangkat.

Busana / Kostum Tari Topeng

Properti Tari Topeng

Selain topeng, perlengkapan yg perlu disiapkan ketika akan mementaskan tarian ini adalah kostum. Busana atau pakaian pada tarian topeng meliputi baju, celana, sampur / selendang, ikat pinggang, mongkron, stagen, dan aksesoris lainya. Detail busana bisa dipandang dibawah ini:

Baju Lengan Pendek

Baju yang digunakan pada tarian topeng harus mempunyai kriteria baju lengan pendek menggunakan warna yg mencolok. Penggunaan baju lengan pendek ini bertujuan supaya para penari dengan bebas menggerakkan tangan ketika menari. 

Celana Sepertiga

    Celana sepertiga adalah celana panjang yg panjangnya dibawah lutut, tetapi diatas mata kaki. Celana seperti ini sebagai pilihan properti tarian karena untuk memudahkan mobilitas kaki penari.

    Mongkron

      Mongkron merupakan aksesories kostum yang digunakan menjadi epilog dalam bagian dada penari. Mongkron ini umumnya memiliki motif hiasan bordir. Ragam motif dan corak yang menghiasi mongkron bergantung dalam budaya lokal setempat.

      Selendang

        Selendang adalah properti yg biasa digunakan dalam tari topeng cirebonan. Selendang yang digunakan umumnya bermotif polos & ada pula yg mempunyai motif batik lokal sinkron darimana tari topeng tersebut dari.

        Ikat Pinggang

          Ikat pinggang yang dipakai biasanya memiliki bentuk dan warna yang majemuk, Penggunaan ikat pinggang ini selain bertujuan buat menahan supaya sandang yg dikenakan tidak melorot waktu penari menari pula sebagai hiasan.

          Aksesories / Perhiasan pada Tari Topeng

          Properti Tari Topeng Betawi
          Aksesoris Tari Topeng

          Anting

            Jenin jenis anting pada tari topeng pun beragam, terdapat yg panjang menggunakan bandul rona warni terdapat jua yang pendek & sederhana. Penggunaan anting ini tidak harus, boleh mengenakan boleh jua nir.

            Gelang Kaki

              Gelang kaki merupakan aksesoris yang dipakai dalam pergelangan kaki penari. Tiap wilayah mempunyai aksesoris gelang kaki yg tidak sama beda, ada yg terbuat berdasarkan bahan logam maupun dibentuk berdasarkan tali benang yang dihiasi oleh bandul rona warni.

              Sumping

              Sumping adalah aksesoris yg digunakan pada permukaan indera pendengaran, baik yang kiri juga yg kanan. 

              Gelang Tangan

              Gelang tangan dalam penari topeng tidak hanya terbuat menurut logam, namun juga bisa terbuat dari kertas rona keemasan sebagai pengganti emas Asli. Penggunaan kertas buat membarui logam emas ini umumnya dilakukan buat menekan biaya pengeluaran.

              Keris

              Keris merupakan properti yang termasuk dalam aksesories pada tari topeng. Namun nir semua tari topeng menggunakan keris, sebagian ada yang menggunakan keris menjadi propertinya dan sebagian nir. 

              Mahkota Kembang

              Mahkota kermbang adalah nama aksesoris mahkota warna warni yang terdapat pada atas kepala penari tari topeng betawi. Tidak seluruh penari topeng memakai mahkota kembang, hanya tarian topeng betawi saja yg memakai properti ini.

              Ronce Bunga

              Ronce bunga atau untaian bunga yg disusun sebagai anting panjang ini umumnya dipakai pada pementasan tari topeng cirebon. Bunga yg digunakan umumnya bunga melati atau diganti dengan bandul warna merah atau kuning.

              Alat Musik Pengiring Tari Topeng

              Properti Tari Topeng

              Salah satu properti pendukung tari topeng yg tidak mampu ditinggalkan adalah alat musik. Tidak hanya satu jenis indera musik saja yg dipakai untuk mengiringi tarian ini. Ada beberapa indera musik yg digunakan, diantaranya:
              • Satu Pangkon Saron.
              • Satu Pangkon Bonang.
              • Tiga Buah Gong yaitu Kiwul, Sabet, Telon.
              • Satu Pangkon Titil.
              • Satu Pangkon Kenong.
              • Seperangkat Alat Kecrek.
              • Satu Pangkon Jengglong.
              • Satu Pangkon Ketuk.
              • Dua Buah Kemanak.
              • Satu Pangkon Klenang.
              • Seperangkat Kendang Yang Terdiri Dari Ketiping, Kepyang, & Gendung.

              Rekomendasi artikel terkait Properti Tari 

              Selain tari topeng, jenis-jenis tarian lain juga membutuhkan properti sebagai alat pendukung. Berikut beberapa properti tari-tarian yang terdapat di Indonesia.


              Kesimpulan


              Itulah beberapa properti yang perlu disiapkan pada pentas seni tari topeng. Yuk bagikan sebanyak-banyaknya materi ini supaya orang lain pula mampu membacanya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

              ads/responsive.txt

              ads/responsive.txt